Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja Daftar Tamu Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth II?

Kompas.com - 16/09/2022, 13:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Ketika Ratu Elizabeth II menerima pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey London pada Senin (19/9/2022), hal itu akan menjadi salah satu acara diplomatik terbesar abad ini.

Dilansir CNN, para pemimpin dunia, politisi, tokoh masyarakat dan bangsawan Eropa, serta lebih dari 500 pejabat dari seluruh dunia, akan datang ke London.

Mereka hadir memberikan penghormatan terakhir mereka kepada raja yang paling lama berkuasa di Inggris, yang meninggal pekan lalu pada usia 96 tahun.

Baca juga: Mengenal Westminster Hall, Lokasi Persemayaman Ratu Elizabeth II

Meskipun belum ada daftar tamu resmi yang diterbitkan, undangan telah dikirim. Berikut beberapa daftarnya.

Pemimpin Dunia

Presiden AS Joe Biden termasuk di antara yang pertama mengkonfirmasi bahwa dia akan hadir di acara tersebut, yang akan dihadiri hingga 2.000 orang.

"Saya belum tahu detailnya seperti apa, tetapi saya akan pergi," kata Biden.

Jair Bolsonaro dari Brasil dan Yoon Suk Yeol dari Korea Selatan termasuk di antara presiden yang menghadiri upacara pelepasan terakhir Ratu setelah serangkaian acara seremonial.

Perdana menteri Inggris yang baru terpilih, Liz Truss, juga akan ikut menghadiri pemakaman minggu depan.

Baca juga: Isu Referendum Negara Persemakmuran Muncul Usai Ratu Elizabeth II Wafat

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengkonfirmasi di akun Twitternya yang terverifikasi bahwa ia akan menghadiri pemakaman.

Presiden Finlandia Sauli Niinistö dan istrinya Jenni Haukio juga akan hadir, menurut pernyataan dari kantor kepresidenan Finlandia.

Pemimpin Persemakmuran

Para pemimpin sebagian besar negara Persemakmuran diharapkan hadir, dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dengan perjalanan hampir 24 jam.

"Tentu saja saya akan memprioritaskan, bersama gubernur jenderal, melakukan tugas kita dalam mewakili Selandia Baru dan menyampaikan belasungkawa kepada seluruh bangsa kita," kata Ardern kepada TVNZ.

"Saya berharap akan ada sejumlah pemimpin yang ingin memberi penghormatan dan penghormatan kepada Ratu," tambahnya.

Baca juga: Suasana London Saat Penghormatan Terakhir untuk Ratu Elizabeth II

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako juga akan melakukan perjalanan ke London untuk pemakaman Ratu, sebuah langkah yang tidak biasa yang menunjukkan hubungan dekat antara keluarga kerajaan Jepang dan Inggris.

Outlet berita Jepang Asahi Shimbun melaporkan, mengutip pejabat Badan Rumah Tangga Kekaisaran, bahwa seorang kaisar Jepang hanya menghadiri pemakaman kepala negara asing atau anggota keluarga kerajaan pada satu kesempatan sebelumnya, ketika Kaisar Akihito menghadiri pemakaman Raja Belgia Baudouin di 1993.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com