Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India dan China Sama-sama Tarik Mundur Pasukan dari Wilayah Sengketa di Himalaya

Kompas.com - 10/09/2022, 09:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pasukan India dan China mulai mundur dari daerah perbatasan Himalaya yang disengketakan, setelah pembicaraan damai antara pejabat militer senior setelah bentrokan mematikan pada 2020 berlanjut.

Kedua kementerian pertahanan mengonfirmasi bahwa pasukan melepaskan diri dari masing-masing pihak di daerah Pemandian Air Panas Gogra, dalam sebuah langkah untuk “membantu perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan”.

Penarikan itu sesuai dengan konsensus yang dicapai pada Juli selama putaran pembicaraan bilateral ke-16 dan terbaru antara komandan tinggi, kata kedua kementerian.

Baca juga: Sejumlah Pria di India Jalani Simulasi Haid: Sakit Sekali, Tidak Mau Lagi!

Ini menandai tindakan pelepasan besar kedua sejak Agustus 2021, ketika pasukan “menghentikan penyebaran maju” dan membongkar infrastruktur di daerah lain juga dekat Gogra.

Pada saat itu, tindakan tersebut digambarkan oleh kementerian India sebagai memulihkan daerah di kedua sisi ke "periode sebelum kebuntuan".

Perselisihan berpusat di sepanjang garis kendali aktual (Line of Actual Control/LAC), yang membagi wilayah kendali fisik, bukan klaim teritorial, dan memisahkan wilayah yang dikuasai China dan India dari Ladakh di barat hingga negara bagian Arunachal Pradesh di timur India, yang diklaim China dikuasai secara keseluruhan.

Itu dipecah menjadi beberapa bagian, di mana Nepal dan Bhutan memiliki perbatasan dengan China.

Menurut India, garis kontrol panjangnya 2.167 mil (3.488km), sementara China mengatakan itu jauh lebih pendek.

Baca juga: Pesawat Perang Dunia II yang Hilang Misterius pada 1945 Ditemukan di Pedalaman Himalaya

Ketegangan di bagian perbatasan yang disengketakan di Himalaya meledak pada Juni 2020, ketika setidaknya 24 tentara tewas dalam bentrokan kekerasan.

Pihak berwenang India mengatakan 20 tentaranya tewas, sementara Beijing mengkonfirmasi hanya empat kematian warga China. Itu adalah peristiwa paling mematikan antara dua negara kekuatan nuklir dalam 50 tahun.

Setelah bentrokan, di mana tentara bertempur dengan tongkat dan batu dalam pertempuran tangan kosong, kedua negara menempatkan ratusan ribu tentara yang didukung oleh artileri, tank dan jet tempur di sepanjang LAC.

Di tengah klaim perambahan terus-menerus oleh militer China, para pemimpin militer dari kedua belah pihak sejak itu telah bertemu 16 kali untuk bernegosiasi dan ada beberapa penarikan pasukan.

Namun kedua negara telah berjuang untuk menyepakati beberapa hal spesifik, dan ketegangan tetap tinggi.

Baca juga: India Resmikan Kapal Induk Pertama Buatan Dalam Negeri, Mampu Angkut 30 Pesawat

Brahma Chellaney, seorang profesor studi strategis di Pusat Penelitian Kebijakan di New Delhi, mengatakan kembalinya perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan “masih terlihat jauh”.

“Perjanjian penarikan terbaru berkaitan dengan perambahan terkecil China – di area patroli tradisional India,” Chellaney, yang juga mantan anggota dewan penasihat keamanan nasional India, mengatakan sebagaimana dilansir Guardian pada Jumat (9/9/2022).

“China sejauh ini enggan membahas dengan India perambahan terbesar dan terdalamnya – ke dataran tinggi Depsang paling utara di wilayah Ladakh India.

Lebih lanjut menurutnya, perambahan sembunyi-sembunyi China pada April 2020 di perbatasan Ladakh India melanggar semua perjanjian perdamaian perbatasannya dengan India selama bertahun-tahun.

Sejak itu, China telah terlibat dalam pembangunan infrastruktur dan kemampuan militernya yang hiruk pikuk di sepanjang Himalaya.

“Kedua negara, akibatnya, tetap berada dalam pijakan perang di sepanjang ketinggian Himalaya yang berlapis es.”

Baca juga: Tiga Perwira Angkatan Udara India Dipecat karena Tak Sengaja Tembakkan Rudal ke Pakistan

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com