Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran William Resmi Jadi Pangeran Wales, Sementara Kate Ambil Gelar Putri Diana

Kompas.com - 10/09/2022, 07:52 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran William dan Kate Middleton telah menjadi Pangeran dan Putri Wales yang baru, sebagaimana dikatakan dalam pidato pertama Raja Charles III kepada rakyat Inggris.

Itu berarti William mengikuti jejak ayahnya, dan Kate menjadi orang pertama sejak Diana sebagai Putri Wales. Gelar ini disandang Diana saat menikah dengan Charles.

Anak-anak pasangan itu sekarang adalah Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis dari Wales.

Baca juga: Pidato Pertama Raja Charles III: Penghormatan untuk “Mama”, Kesedihan Keluarga, Janji Pelayanan Seumur Hidup

Dalam pidatonya kepada negara, Raja mengatakan bahwa "dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin percakapan nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke pusat di mana bantuan vital bisa diberikan".

Catherine "menghargai sejarah yang terkait dengan peran ini, tetapi dapat dimengerti ingin melihat ke masa depan saat dia menciptakan jalannya sendiri", kata seorang sumber sebagaimana dilansir Sky News pada Jumat (9/9/2022).

"Pasangan ini fokus untuk memperdalam kepercayaan dan rasa hormat orang-orang Wales dari waktu ke waktu," kata mereka, seraya menambahkan pasangan itu akan mendekati peran baru mereka "dengan cara yang sederhana dan rendah hati seperti yang mereka lakukan sebelumnya".

Menteri Pertama Welsh Mark Drakeford mengatakan Raja Charles III menikmati "persahabatan yang panjang dan abadi" dengan Wales, dan negara konstituen itu "berharap untuk memperdalam hubungan kita dengan Pangeran dan Putri Wales yang baru".

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Ratu Elizabeth II Wafat | Raja Charles III Jadi Raja Baru Inggris

Permaisuri Ratu, Camilla, secara teknis juga adalah Putri Wales ketika dia menikahi Charles pada 2005, tetapi tidak pernah menggunakan gelar itu karena hubungannya dengan Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997.

Diana dilucuti dari gaya kerajaannya dan gelarnya diubah setelah perceraiannya setahun sebelum dia meninggal.

Selain mengambil gelar Pangeran Wales yang sebelumnya dipegang oleh Raja Charles, William telah mengambil gelar Skotlandia dan menggantikannya sebagai Duke of Cornwall.

Oleh karena itu, William dan Kate juga merupakan Duke dan Duchess of Cornwall, dan Duke dan Duchess of Rothesay di Skotlandia.

Raja Charles berkata: "Saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya."

Dia menambahkan: "Saya juga ingin mengungkapkan cinta saya untuk Harry dan Meghan karena mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri."

Baca juga: Kenapa Pangeran Charles Jadi Raja Charles III? Siapa Charles I dan II?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com