Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cacar Monyet Kian Gawat, AS Tambah Pasokan Vaksin hingga Jutaan Dosis

Kompas.com - 19/08/2022, 07:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat akan meningkatkan pasokan vaksin cacar monyet dengan menyediakan 1,8 juta dosis tambahan Jynneos Bavarian Nordic's.

Hal itu dilakukan seiring jumlah kasus yang dilaporkan di negara itu, yang sudah mencapai di atas 13.500.

Dilansir Reuters, Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memberikan angka untuk kasus yang dilaporkan pada 17 Agustus, yang mewakili lebih dari sepertiga dari total global, yakni 39.000.

Baca juga: Kasus Pertama Penularan Cacar Monyet dari Manusia ke Anjing

"Sangat penting bagi kita untuk melakukan semua yang kita bisa untuk mencegah penyebaran virus berbahaya ini," kata Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Xavier Becerra pada briefing tersebut.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) membuat 360.000 botol vaksin tersedia untuk dipesan mulai minggu depan, kata Asisten Sekretaris untuk Kesiapsiagaan dan Respon Dawn O'Connell.

Ratusan ribu vaksin itu setara dengan 1,8 juta dosis.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) minggu lalu mengizinkan pemberian suntikan Jynneos Bavarian Nordic secara intradermal, di antara lapisan kulit, meningkatkan lima kali lipat dosis yang dapat digunakan dari botol.

Baca juga: WHO Minta Publik Bantu Cari Nama Baru untuk Virus Cacar Monyet, Ini Situs yang Bisa Digunakan

Dosis tambahan akan tersedia untuk negara bagian dan departemen kesehatan lokal yang mengelola vaksin secara intradermal, dan telah menggunakan 90 persen dari pasokan mereka saat ini.

AS juga menyediakan 50.000 kursus pengobatan antivirus TPOXX SIGA Technologies Inc untuk orang yang dites positif, kata Fenton.

Departemen kesehatan negara bagian dan lokal dapat mulai memesannya minggu depan.

Selain itu, pemerintahan Presiden Joe Biden menyisihkan dosis vaksin untuk area yang menjadi tuan rumah pertemuan besar kelompok berisiko tinggi.

Baca juga: Sejumlah Primata Diserang, WHO Tekankan Lonjakan Kasus Cacar Monyet Tak Terkait dengan Monyet

Vaksin dapat dipesan oleh departemen kesehatan negara bagian dan lokal di atas alokasi dan pasokan yang ada.

"HHS meluncurkan program percontohan yang akan menyediakan hingga 50.000 dosis dari National Stockpile yang akan tersedia untuk acara yang akan dihadiri banyak pria gay dan biseksual," tambah Fenton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com