Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rincian Panggilan Putin-Macron Sebelum Invasi ke Ukraina Bocor

Kompas.com - 06/07/2022, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov Rusia mengatakan bahwa publikasi panggilan telepon antara Presiden Emmanuel Macron dan pemimpin Rusia Vladimir Putin adalah pelanggaran "etiket diplomatik".

“Etiket diplomatik tidak menyediakan kebocoran sepihak dari rekaman (seperti itu),” kata Lavrov dalam perjalanan ke Vietnam, dilansir Al Jazeera.

Lavrov menambahkan bahwa Rusia tidak perlu malu dari isi percakapan antara kedua pemimpin.

Baca juga: Kehilangan Mayoritas Parlemen, Macron Reshuffle Kabinetnya

Rincian panggilan rahasia beberapa hari sebelum operasi militer Moskwa di Ukraina diungkapkan oleh penyiar France 2 dalam sebuah film dokumenter tentang penanganan konflik oleh presiden Perancis.

Seruan itu, yang terjadi hanya beberapa hari sebelum serangan skala penuh Rusia ke Ukraina, diterbitkan pekan lalu dalam sebuah film dokumenter.

Seruan itu diterbitkan minggu lalu dalam sebuah film dokumenter “A President, Europe and War,” yang menyoroti pendekatan Macron terhadap diplomasi dengan Rusia.

Dilansir Reuters, berbicara pada konferensi pers hari Rabu dengan timpalannya dari Vietnam Bui Thanh Son, Lavrov mengatakan bahwa “etiket diplomatik tidak memberikan kebocoran sepihak dari rekaman itu.”

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Foto Momen Canggung Zelensky-Macron jadi Meme Viral | Temuan Sampah di Mars

“Pada prinsipnya, kami bernegosiasi sedemikian rupa sehingga kami tidak akan pernah malu. Kami selalu mengatakan apa yang kami pikirkan dan siap untuk menjawab kata-kata kami dan menjelaskan posisi kami,” tambah Lavrov.

Panggilan telepon tersebut menunjukkan Macron berselisih dengan Putin dalam upaya untuk memulai pembicaraan hanya beberapa hari sebelum invasi ke Ukraina.

Setelah rilis film dokumenter tersebut, juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan selama akhir pekan bahwa Paris melanggar kerahasiaan negosiasi dengan Moskwa.

Maria mencela bahwa kru film hadir ketika percakapan rahasia terjadi antara para pemimpin Rusia dan Perancis.

Baca juga: Foto Momen Canggung Zelensky dan Macron Ini Jadi Meme dan Viral

Macron sendiri telah menerima pembicaraan rahasia yang dirilis secara publik. Tahun lalu, di tengah perseteruan Perancis-Australia atas pembatalan pesanan 12 kapal selam senilai miliaran dollar Australia dari kontraktor pertahanan Perancis.

Perancis menuduh Australia membocorkan SMS dalam upaya nyata untuk menyiratkan bahwa Macron tahu tentang kesepakatan kapal selam.

Pejabat Perancis telah berulang kali meyakinkan bahwa mereka tidak tahu apa-apa tentang niat Australia untuk membatalkan kontrak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com