Uang Tunai Rp 6,6 Miliar Ditemukan dalam Koper di Tengah Pemilu Papua Nugini, Anak Perdana Menteri Ditangkap

Kompas.com - 06/07/2022, 19:33 WIB

PORT MORESBY, KOMPAS.com - Mospal Marape, anak Perdana Menteri Papua Nugini (PNG) James Marape, ditangkap setelah diduga bepergian dengan seorang pria yang membawa koper penuh uang tunai senilai 1,56 juta kina (setara Rp 6,6 Miliar), di tengah proses pemilihan umum (pemilu) di negara itu.

Mospal Marape mengonfirmasi kepada Guardian bahwa dia dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi.

Tetapi, dia dibebaskan beberapa jam kemudian dan diizinkan untuk pergi dan memberikan suara pada Senin (5/7/2022), hari pertama pemilu Papua Nugini. Tidak ada tuduhan yang dikenakan atasnya.

Baca juga: China dan Papua Nugini Bahas Kesepakatan Perdagangan Bebas

Perdana Menteri Marape mengatakan putranya tidak terlibat dalam pengiriman uang dan situasinya "tidak ada hubungannya dengan saya".

Lebih lanjut kepada Guardian, Perdana Menteri itu mengeklaim anaknya tidak ada di pesawat yang membawa uang tersebut. Putranya juga bukan bagian dari tim yang membawa uang.

“Itu adalah masalah yang sepenuhnya terisolasi dari orang lain yang mengangkut uang yang kebetulan adalah direktur perusahaan. Tidak ada hubungannya dengan saya. Anak saya tidak terlibat dalam pengiriman uang. Dia hanya kebetulan ada di sekitarnya,” kata dia.

Mospal Marape ditangkap bersama Sethy Palipe juga dari Provinsi Hela, dan direktur pelaksana Perusahaan Konstruksi Ipwenz, sebuah perusahaan konstruksi lokal yang bertanggung jawab atas proyek-proyek bernilai jutaan dolar di negara tersebut.

Seorang perwakilan dari perusahaan Ipwenz mengatakan bahwa uang itu akan digunakan untuk proyek jalan.

Baca juga: Alasan Bougainville Memilih Merdeka dari Papua Nugini, Calon Negara Baru Dekat Indonesia

Jerry Manda, juru bicara Perusahaan Konstruksi Ipwenz mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa desas-desus yang beredar bahwa uang itu untuk pemilihan umum adalah "salah dan palsu".

“Uang itu untuk pembayaran perbaikan proyek Jalan Nipa Ambua. Ini bukan pertama kalinya Ipwenz menarik uang sebanyak itu untuk keperluan konstruksi.”

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.