Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Setujui Bantuan Tambahan Rp 21,69 Triliun untuk Ukraina

Kompas.com - 08/06/2022, 07:35 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Bank Dunia mengumumkan pada Selasa (7/6/2022) mengenai tambahan 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 21,89 triliun) bantuan untuk Ukraina, sehingga total paket dukungan yang direncanakan menjadi lebih dari 4 miliar dollar AS (sekitar Rp 57,8 triliun).

Invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari telah menciptakan krisis kemanusiaan dan menghancurkan ekonomi negara itu.

Perang Rusia-Ukraina tersebut telah menghancurkan infrastruktur dan menghalangi ekspor biji-bijian utama Ukraina, serta menguras kemampuan pemerintah untuk membayar tagihannya.

Baca juga: 1.000 Lebih Tentara Ukraina yang Menyerah di Mariupol Dipindahkan ke Rusia, Untuk Apa?

Pemberi pinjaman pembangunan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembiayaan baru akan digunakan untuk membayar upah bagi pemerintah dan pekerja sosial.

Mereka mencatat bahwa dengan dana baru, berarti hampir 2 miliar dollar AS (Rp 28,9 triliun) telah dicairkan sejauh ini.

"Bank Dunia memberikan dukungan berkelanjutan untuk Ukraina dan rakyatnya dalam menghadapi perang yang sedang berlangsung," kata Presiden Bank Dunia David Malpass dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP.

Dia membeberkan, Bank Dunia bekerja dengan negara-negara donor untuk memobilisasi dukungan keuangan dan memanfaatkan fleksibilitas berbagai instrumen pembiayaan mereka untuk membantu memberikan akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial Ukraina.

Terkait bantuan ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Pemerintah Ukraina sebenarnya membutuhkan total 7 miliar dollar AS (sekitar Rp 101,2 triliun) per bulan dalam bantuan untuk terus berfungsi.

Baca juga: Ukraina Akan Dapat Roket Jarak Jauh dari Inggris, Zelensky: Tepat, Terima Kasih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com