Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2022, 14:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

MOSKWA, KOMPAS.com - Nasib ratusan tentara Ukraina yang mengakhiri perlawanan selama berminggu-minggu di pabrik baja Azovstal di Mariupol masih belum jelas, setelah para pejuang menyerah dan dipindahkan ke wilayah yang dikuasai Rusia.

Wakil menteri pertahanan Ukraina mengatakan mereka akan ditukar dalam pertukaran tahanan, tetapi beberapa pejabat Rusia mengatakan pada Selasa (17/5/2022) bahwa mereka dapat diadili dan bahkan dieksekusi.

Anggota parlemen State Duma di Rusia mengatakan mereka akan mengusulkan undang-undang baru, yang dapat menggagalkan pertukaran tahanan para pejuang yang diklaim Moskwa sebagai "teroris".

Penyelidik Rusia mengatakan mereka berencana menginterogasi para tentara, dan dapat menuntut mereka dengan "kejahatan yang dilakukan oleh rezim Ukraina terhadap penduduk sipil di tenggara Ukraina".

Baca juga: Rusia: 265 Tentara Ukraina di Pabrik Baja Azovstal Mariupol Menyerahkan Diri

Kronologi evakuasi Azovstal

Reuters mewartakan pada Selasa (17/5/2022) malam, tujuh bus yang membawa tentara Ukraina meninggalkan pabrik Azovstal di kota pelabuhan dan tiba di bekas koloni penjara di kota Olenivka yang dikuasai Rusia di Donetsk.

Ukraina mendorong kesepakatan yang juga akan memungkinkan para pejuang untuk mundur ke daerah-daerah yang dikuasai Ukraina, atau untuk evakuasi mereka ke negara netral.

Namun, kesepakatan itu tak kunjung tercapai. Pejabat Ukraina pun mengumumkan pada Selasa (17/5/2022) dini hari bahwa pertahanan pabrik itu telah berakhir.

“Ini adalah satu-satunya pilihan,” kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar sebagaimana dilansir Guardian.

Dalam foto yang diambil dari video ini yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa, 17 Mei 2022, prajurit Ukraina membawa kawan yang terluka saat mereka dievakuasi dari pabrik baja Azovstal yang dikepung di Mariupol, Ukraina. RDMPS via AP PHOTO Dalam foto yang diambil dari video ini yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa, 17 Mei 2022, prajurit Ukraina membawa kawan yang terluka saat mereka dievakuasi dari pabrik baja Azovstal yang dikepung di Mariupol, Ukraina.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan 265 pejuang Ukraina menyerah di pabrik, termasuk 51 tentara yang terluka parah. Mereka dipindahkan ke rumah sakit di Novoazovsk di wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina timur.

Tidak segera jelas berapa banyak pasukan Ukraina yang tersisa di pabrik itu. Rekaman yang dibagikan oleh akun media sosial pro-Rusia menunjukkan sekelompok tentara membawa yang terluka dengan tandu di tengah kehancuran di luar pabrik.

Baca juga: Ukraina Terkini: Misi Pertahankan Pabrik Baja Azovstal Selesai, Tentara Luka Parah Dievakuasi

Rencana pertukaran tahanan ditentang

“Prosedur pertukaran akan dilakukan untuk kepulangan mereka,” kata Maliar. Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk juga mengatakan para pejuang akan ditukar. "Semoga semuanya akan baik-baik saja," tulisnya.

Zelensky membunyikan nada yang lebih hati-hati. “Pekerjaan membawa anak laki-laki Ukraina pulang terus berlanjut, dan pekerjaan ini membutuhkan kesabaran– dan waktu,” katanya.

Rincian kesepakatan yang mengarah pada evakuasi masih belum jelas, dan serangkaian pernyataan garis keras dari pejabat Rusia menunjukkan bahwa pertukaran masih bisa terjadi.

Juru bicara Vladimir Putin, Dmitry Peskov, berjanji bahwa para pejuang yang menyerah akan diperlakukan “sesuai dengan standar internasional”. Tetapi pernyataannya segera dirusak oleh pernyataan dari dua pejabat Rusia lainnya.

Leonid Slutsky, seorang anggota parlemen Rusia yang mengambil bagian dalam negosiasi dengan Ukraina di awal perang, menyarankan agar Rusia mencabut moratorium hukuman mati bagi para pejuang dari resimen Azov, salah satu kekuatan utama yang mempertahankan pabrik baja. Dia juga menyebut mereka “binatang di dalam wujud manusia”.

Prajurit Ukraina duduk di dalam bus setelah mereka dievakuasi dari pabrik baja Azovstal Mariupol yang terkepung, dekat sebuah penjara di Olyonivka, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Selasa, 17 Mei 2022.via AP PHOTO Prajurit Ukraina duduk di dalam bus setelah mereka dievakuasi dari pabrik baja Azovstal Mariupol yang terkepung, dekat sebuah penjara di Olyonivka, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Selasa, 17 Mei 2022.

Baca juga: Batalion Azov, Kelompok Militan yang Mempertahankan Kota Strategis Ukraina

Halaman:
Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com