Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Pasukan Rusia Mulai Memasuki Pabrik Azovstal

Kompas.com - 05/05/2022, 07:40 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com - Pasukan Rusia telah memasuki wilayah pabrik Azovstal Mariupol, kata ketua faksi parlemen yang berkuasa di Ukraina David Arakhamia Rabu (4/5/2022) malam kepada RFE/RL, dilansir Reuters.

"Upaya untuk menyerbu pabrik berlanjut di hari kedua. Pasukan Rusia sudah berada di wilayah Azovstal," kata Arakhamia, seraya menambahkan bahwa pada Rabu malam, kontak antara pemerintah dan para pejuang Ukraina di pabrik masih terjadi.

Angkatan bersenjata Belarusia juga mulai latihan dengan skala besar nan mengejutkan pada Rabu, untuk menguji kesiapan tempur mereka.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-70 Serangan Rusia ke Ukraina: 22 Batalion Taktis Dikerahkan Moskwa, Rencana 9 Mei Dibantah, Sanksi Baru

Di timur Ukraina, Rusia disebut Inggris telah mengerahkan 22 batalyon taktis di dekat kota Izium, dalam upaya nyata untuk maju di sepanjang poros utara wilayah Donbas dan merebut kota Kramatorsk dan Severodonetsk.

Selain itu, Wali Kota Lviv Andriy Sadoviy mengatakan serangan udara telah merusak pembangkit listrik, memutus aliran listrik di beberapa distrik.

Angkatan udara Rusia juga menyerang 39 fasilitas militer di Ukraina, kantor berita negara TASS melaporkan, mengutip perwakilan dari kementerian pertahanan Rusia.

Baca juga: Rusia Kerahkan 22 Batalion Taktis di Kota Ukraina Timur

Sementara serangan Rusia di Donetsk telah menewaskan sedikitnya 21 warga sipil, jumlah kematian harian tertinggi dalam sebulan, menurut Gubernur Pavlo Kyrylenko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com