Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Botol Wiski Terbesar di Dunia, Berisi Setara 444 Botol

Kompas.com - 03/05/2022, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

 KOMPAS.com - Botol wiski Scotch terbesar di dunia, yang memecahkan rekor 311 liter Macallan yang berusia 32 tahun, akan diluncurkan bulan ini.

Botol, yang dikenal sebagai The Intrepid, tingginya 5 kaki 11 inci dan akan dilelang oleh rumah lelang yang berbasis di Edinburgh, Lyon & Turnbull.

Ini berisi setara dengan 444 botol standar dan akan dilelang pada 25 Mei.

Baca juga: Iklan Wiski yang Tampilkan Lisa Blackpink Dilarang di Thailand, Apa Sebab?

Dilansir NDTV, menurut WalesOnline, botol tersebut diharapkan dapat memecahkan rekor dunia untuk botol wiski termahal yang pernah dijual, yaitu 1,9 juta dollar AS.

Botol itu secara resmi disertifikasi oleh Guinness World Records ketika dibotolkan tahun lalu.

Saat ini, para juru lelang telah menyatakan bahwa berapa pun jumlah penjualan yang akan datang mencapai di atas 1,3 juta pounds, 25 persennya akan disumbangkan ke badan amal Marie Curie.

Colin Fraser, dari Lyon & Turnbull, yang akan memimpin lelang, memberi keterangan.

Baca juga: Wiski Rp 83 juta Pemberian Jepang Hilang, Kemenlu AS Cari Keberadaannya

“Saya yakin akan ada minat global yang signifikan dalam lelang The Intrepid, koleksi unik yang dipelopori pembotolan pemecah rekor yang berdiri di ketinggian 5 kaki 11 inci yang luar biasa," ujarnya.

"Penawar akan memiliki kesempatan untuk membeli sepotong sejarah wiski Scotch. Mereka akan menjadi pemilik Scotch single-malt eksklusif berusia 32 tahun dari apa yang secara luas dianggap sebagai salah satu penyulingan terbaik dunia, The Macallan,” tambahnya.

Wiski itu dimatangkan dalam dua tong saudara perempuan di gudang The Macallan's Speyside selama 32 tahun.

Cairan itu kemudian dibotolkan tahun lalu oleh Duncan Taylor Scotch Whisky, sebuah perusahaan pembotolan wiski independen terkemuka.

Menurut rumah lelang, wiski memiliki tekstur yang halus, dan rasa keseluruhan yang manis dengan sedikit lada putih di bagian akhir yang panjang dan hangat dan saran tart apel Perancis di bagian aftertaste.

Baca juga: Wiski Tertua di Dunia Bakal Dilelang, Diprediksi Laku Rp 579 juta

Sementara itu, Wales Online melaporkan bahwa untuk memperingati peristiwa penting ini, sejumlah kecil set botol eksklusif juga diproduksi.

Ini terdiri dari koleksi 12 botol, masing-masing diisi dengan sisa wiski Macallan berusia 32 tahun dari tong yang sama yang digunakan untuk mengisi botol pemecah rekor.

Setiap botol adalah replika dari desain botol utama dan versinya didedikasikan untuk masing-masing penjelajah yang terkait dengan proyek tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com