Wiski Rp 83 juta Pemberian Jepang Hilang, Kemenlu AS Cari Keberadaannya

Kompas.com - 06/08/2021, 05:52 WIB
Menter Luar Negeri ke-70 Amerika Serikat, Mike Pompeo, saat berpidato di acara Conservative Political Action Conference (CPAC), pada Sabtu (27/2/2021) di Orlando, Florida. AP PHOTO/JOHN RAOUXMenter Luar Negeri ke-70 Amerika Serikat, Mike Pompeo, saat berpidato di acara Conservative Political Action Conference (CPAC), pada Sabtu (27/2/2021) di Orlando, Florida.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) tengah menyelidiki keberadaan wiski senilai 5.800 dollar AS (Rp 83 juta).

Minuman keras tersebut merupakan pemberian pemerintah Jepang kepada Kementerian Luar Negeri AS yang kala itu dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

New York Times melaporkan, sejumlah pejabat Jepang memberikan minuman keras tersebut kepada Kementerian Luar Negeri AS pada 24 Juni 2019.

Baca juga: Covid-19 di AS Melonjak Lagi, Tembus 100.000 Kasus 2 Hari Beruntun

Melansir AFP, kala itu Pompeo sedang berkunjung ke Arab Saudi dan tidak jelas apakah dia menerima hadiah itu secara pribadi.

Menurut peraturan AS, pejabat pemerintah “Negeri Paman Sam” diperbolehkan menyimpan hadiah yang nilainya kurang dari 390 dollar AS (Rp 5,5 juta).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di atas nilai tersebut, pejabat AS diharuskan membelinya.

Baca juga: Dulu Tak Bisa Bahasa Inggris, Kini Pemuda Surabaya Jadi Tentara AS

New York Times mengutip seorang sumber yang mengatakan bahwa pemerintah AS tidak pernah dibayar untuk wiski yang sekarang raib tersebut.

Surat kabar itu menambahkan, insiden itu bukanlah hal yang biasa bagi Kementerian Luar Negeri AS untuk secara terbuka menyatakan keberadaan suatu barang tidak diketahui.

Pengacara Pompeo mengatakan, kliennya tersebut tidak mengetahui nasib sebotol wiski yang hilang itu.

Baca juga: Trump Halangi Kemenkeu AS Serahkan Catatan Pajaknya ke Kongres


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.