Kompas.com - 01/05/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain Arab Saudi, tiga negara di Afrika juga mengumumkan bahwa Idul Fitri 2022 atau 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin (2/5/2022).

Ketiga negara tersebut adalah Mesir, Aljazair, dan Tunisia, sebagaimana dilansir Morocco World News, Minggu (1/5/2022).

Komisi Nasional Pengamatan Bulan Sabit Aljazair mengonfirmasi bahwa 1 Syawal 1443 di negara tersebut jatuh pada Senin.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Bom Guncang Afghanistan 2 Hari Berturut-turut

Komisi ini beroperasi di bawah Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Aljazair.

Pada 25 April, Komisi Nasional Pengamatan Bulan Sabit Aljazair mengatakan bahwa penampakan hilal akan dilaksanakan pada Sabtu (30/4/2022).

Anggota otoritas agama berkumpul pada Sabtu setelah Shalat Magrib di Dar El-Imam di Algiers untuk mengamati hilal dan memutuskan tanggal resmi Idul Fitri.

Sementara itu, Idul Fitri di Mesir jatuh pada Senin dan diumumkan oleh Dar al Ifta. Badan tersebut mengatakan, hilal untuk Syawal tidak terlihat pada Sabtu.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Idul Fitri 2022 Jatuh pada Senin 2 Mei

Mesir sebelumnya telah mengumumkan hari libur sembilan hari untuk merayakan hari raya Idul Fitri 2022 yang menggabungkan hari libur dengan Hari Buruh.

Sementara itu, Kementerian Agama Tunisia mengumumkan bahwa Idul Fitri 2022 akan jatuh pada Senin setelah tidak melihat hilal pada Sabtu.

Idul Fitri bertepatan dengan hari pertama Syawal, bulan ke-10 dalam kalender Islam. Setiap tahun, Idul Fitri bertepatan dengan tanggal yang berbeda dalam kalender Gregorian.

Karena menandai akhir dari puasa selama sebulan, Idul Fitri memiliki nilai keagamaan yang signifikan dan dirayakan sebagai hari libur nasional di semua negara mayoritas Muslim.

Baca juga: Warga Gaza Sambut Idul Fitri di Tengah Kondisi Sulit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.