Kompas.com - 01/05/2022, 07:00 WIB

RIYADH, KOMPAS.com – Arab Saudi mengumumkan bahwa hari raya Idul Fitri 2022, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan 2022, akan dimulai pada Senin (2/5/2022) di negara itu.

Pengadilan Kerajaan Arab Saudi, berdasarkan laporan Mahkamah Agung Arab Saudi, mengatakan pada Sabtu (30/4/2022) bahwa hari Minggu (1/5/2022) akan menjadi hari terakhir bulan suci Ramadhan dan hari Senin akan menjadi hari pertama Idul Fitri.

Di mana, Mahkamah Agung mengatakan, menurut kesaksian dari para ahli pada Sabtu, bulan Syawal tidak terlihat.

Baca juga: Masjidil Haram, Masjid Terbesar di Dunia dan Sejarah Kemuliaannya

Oleh karena itu, telah diputuskan bahwa hari Minggu 30/9/1443 H, menurut kalender Umm Al-Qura atau bertepatan dengan 1 Mei adalah hari terakhir bulan suci Ramadhan dan hari Senin 1/10/1443 H, menurut kalender Umm Al-Qura atau sesuai sampai 2 Mei adalah hari pertama Idul Fitri.

Dilansir dari Saudi Gazette, Mahkamah Agung telah mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Putra Mahkota Kerajaan, seluruh warga, penduduk, dan umat Islam atas kedatangan Idul Fitri yang diberkati.

Sebelumnya, hilal bulan Syawal dilaporkan tidak bisa dilihat dari observatorium Tamir atau dari observatorium Universitas Majmaah di Hautat Sudair pada Sabtu.

Sementara itu, diberitakan AFP, beberapa negara Teluk lainnya, seperti Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Qatar dan Bahrain juga telah membuat pengumuman yang sama. Mereka akan merayakan Lebaran 2022 pada Senin.

Baca juga: Arab Saudi Tegaskan Tak Izinkan Masjid Pakai Pengeras Suara Eksternal Saat Shalat Selama Ramadhan

Waktu Idul Fitri ditentukan oleh penampakan bulan sabit, sesuai dengan kalender lunar Muslim.

Di Indonesia, penentuan 1 Syawal atau Idul Fitri 1443 H akan diputuskan dalam Sidang Isbat yang digelar hari Minggu ini.

Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.