Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Luhut Disebut Perdana Menteri di Luar Negeri…

Kompas.com - 27/04/2022, 15:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditengah ramai pemberitaan soal pembelian Twitter oleh Elon Musk, pertemuan CEO Tesla itu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendapat sorotan di dalam negeri.

Kunjungan itu secara luas juga dipublikasikan oleh perusahaan kendaraan listrik asal Amerika Serikat itu melalui akun twitter @teslaownersSV.

Baca juga: POPULER GLOBAL: Atraksi Pesawat Berujung Kecelakaan | Luhut Temui Elon Musk

Namun dalam unggahan tersebut Musk disebut bertemu dengan Perdana Menteri Indonesia alih-alih Menko Marves Luhut Binsar.

“Elon baru-baru ini dikunjungi oleh Perdana Menteri Indonesia untuk membicarakan kemungkinan pabrik nikel atau gigafactory berikutnya di Indonesia?, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mempercepat adopsi EV di negara mereka,” cuit Tesla Owners Silicon Valley tercatat diunggah pukul 14.28 pada Selasa (26/4/2022).

Unggahan di akun Tesla Owners Silicon Valley tercatat diunggah pukul 14.28 pada Selasa (26/4/2022), setelah pertemuan CEO Tesla Elon Musk dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di AS.KOMPAS.com Unggahan di akun Tesla Owners Silicon Valley tercatat diunggah pukul 14.28 pada Selasa (26/4/2022), setelah pertemuan CEO Tesla Elon Musk dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di AS.

Unggahan itu kini telah hilang dari akun Twitter @teslaownersSV, dan berganti dengan kicauan yang lebih singkat pada pukul 22.00.

Seperti yang diberitakan Kompas.com (26/4/2022) sebelumnya, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi menerangkan pertemuan keduanya membahas seputar nikel dan baterai listrik.

Adapun pertemuan itu termasuk dalam agenda Luhut dalam rangkaian kerjanya ke Amerika Serikat (AS), yang juga didampingi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Bakrie, Staf Khusus mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, dan Dubes Indonesia untuk AS Roesan Roeslani.

Luhut sebelumnya memang telah mengaku ditelepon pihak Tesla pada Kamis (24/3/2022), yang menyampaikan keinginan untuk membangun pabrik baterai lithium di Indonesia.

Namun Menko Marves itu justru mengingatkan Tesla agar tidak lagi mendikte Indonesia.

Baca juga: Elon Musk Bertemu Luhut, Berbincang Serius tapi Santai

Sederet Jabatan Luhut

Sebagai Menko Marves pekerjaan Luhut memang kerap menjadi sorotan, lantaran menteri satu ini dipasang untuk banyak jabatan sekaligus di pemerintahan.

Pengamat komunikasi politik dari Nusakom Pratama Institute Ari Junaedi bahkan sempat menyebut Luhut memiliki “super power” dalam pemerintahan.

"Presiden Jokowi sudah waktunya memahami keberadaan Luhut yang superpower dan superbody," ujar Ari kepada Kompas.com pada Kamis (14/4/2022) saat memberikan komentar tentang menumpuknya jabatan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Luhut.

Selain menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional sesuai keputusan Presiden Jokowi dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2022 tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional pada 6 April 2022.

Dewan SDA Nasional merupakan wadah koordinasi pengelolaan sumber daya air pada tingkat nasional. Lembaga ini merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Baca juga: Kunjungi Indonesia, Menlu China Jumpa Luhut Bahas Kerja Sama dari Ekonomi sampai Vaksin Covid-19

Selain itu, Luhut juga pernah mengemban sejumlah tugas atau jabatan di luar kementerian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com