Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Kerja Sama, Menlu China Gelar Pertemuan dengan Menko Luhut Binsar

Kompas.com - 10/10/2020, 19:36 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

YUNNAN, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan di Provinsi Yunnan, China barat daya pada Jumat (9/10/2020).

Melansir Xinhua News, Sabtu (10/10/2020) yang dikutip Kompas.com, Menko Luhut merupakan utusan khusus Presiden Indonesia Joko Widodo sekaligus berperan sebagai Koordinator Kerja Sama Indonesia dengan China.

Baca juga: Xi Jinping Berniat Perkuat Hubungan China-Korea Utara Jangka Panjang

Dengan menyebut bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun terbentuknya hubungan diplomatik China-Indonesia, Wang berharap kedua negara dapat memperkuat kerja sama di berbagai bidang seperti vaksin, e-commerce, intelegensi artifisial (kecerdasan buatan) serta pertukaran budaya dan masyarakat.

Kepada Menko Luhut, Wang juga mengatakan bahwa kedua negara harus memainkan peran utama dalam menegakkan kesetaraan dan keadilan.

Baca juga: China Teken Perjanjian Distribusi Vaksin Corona ke Negara-negara Miskin

China dan Indonesia diharapkan Wang mampu menegakkan kesetaraan dan keadilan, menjaga multilateralisme serta demokratisasi hubungan internasional.

Wang juga berharap agar 2 negara bersahabat ini bisa sama-sama membangun perekonomian dengan cepat.

Baca juga: Menlu China: AS-China di Ambang Perang Dingin Baru

Sementara itu, kepada Menlu Wang Yi, Menko Luhut mengutarakan bahwa Indonesia ingin fokus pada upaya penguatan kerja sama vaksin dan kesehatan dengan China.

Untuk itu, Indonesia dan China diharapkan dapat segera menandatangani dokumen kerja sama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra serta Poros Maritim Dunia juga menjunjung multilateralisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com