Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Marves Luhut Bertemu Presiden Donald Trump, Apa yang Dibicarakan?

Kompas.com - 18/11/2020, 10:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Selasa waktu setempat (17/11/2020), Luhut didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk AS, Muhammad Lutfi.

Sementara Trump didampingi oleh anak dan menantu yang juga penasihatnya, Ivanka serta Jared Kushner, dan CEO US IDFC Adam Boehler.

Baca juga: Sebut Pemilu AS Aman, Direktur Badan Keamanan Siber Malah Dipecat Trump

Menko Luhut yang merupakan utusan Presiden Joko Widodo menyampaikan salam, terima kasih, dan penghargaan dari pemerintah RI kepada Trump.

Dia memberikan kredit atas dukungan presiden dari Partai Republik itu atas kerja sama bilateral selama ini, khususnya pemberian fasilitas GSP (Generalized System of Preferences) dan USTR (United States Trade Representative).

Trump membalas juga dengan menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada presiden yang akrab disapa Jokowi, dan memuji peningkatan hubungan ekonomi dua negara.

Selain dengan Trump, menko berusia 73 tahun itu juga disambut Wakil Presiden AS Mike Pence, yang menawarkan produksi gabungan vaksin.

Kemudian Menko Luhut Binsar Pandjaitan juga bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien, di mana mereka berdua membahas berbagai isu.

Antara lain mendiskusikan bagaimana melakukan kemitraan strategis antara Indonesia dan AS di bidang pertahanan dan teknologi, maupun bertukar pandangan soal geopolitik dunia.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Menko Marves sejak Oktober 2019 itu berharap kerja sama bilateral bisa ditingkatkan di pemerintahan baru.

“Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga," kata dia.

"Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," lanjut Luhut.

Baca juga: Trump Ternyata Pernah Main Film Home Alone, gara-gara Memaksa Ikut Syuting

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com