Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Diizinkan Kapasitas Penuh, Ramadhan di Arab Saudi Dimulai Sabtu

Kompas.com - 02/04/2022, 07:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com – Kerajaan Arab Saudi mengizinkan tingkat keterisian Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah mencapai kapasitas penuh mulai Ramadhan 2022.

Pengumuman tersebut disampaikan Pejabat Menteri Media Majed Al-Qasabi atas nama Raja Salman, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Jumat (1/3/2022).

Keputusan tersebut diambl setelah Arab Saudi mencabut tindakan pencegahan dan protokol kesehatan untuk membendung penyebaran Covid-19.

Baca juga: Umat Islam di Australia Tarawih Pertama pada Jumat Ini, Puasa Ramadhan Mulai Sabtu

“Kami bangga bahwa Allah telah memuliakan kami dengan memberikan kesempatan untuk melayani Dua Masjid Suci serta jamaah haji dan umrah dan pengunjung ke Masjid Suci,” kata Raja Salman.

Selain itu, Raja Salman juga menyapa warga dan ekspatriat di Kerajaan Arab Saudi serta umat Muslim di seluruh dunia saat Ramadhan 2022 datang.

“Ini adalah dari rahmat Allah kepada kita bahwa bulan suci Ramadhan membawa kita kelegaan setelah kesulitan dengan meredanya pandemi virus corona,” kata Raja Salman.

Baca juga: Selama Ramadhan, Makanan Kering Boleh Dibawa Masuk Masjidil Haram

“Kami bersyukur kepada Allah atas kesuksesan besar yang telah kami capai melalui upaya luar biasa dalam mengatasi pandemi dan mengatasi efek buruknya, ” sambung Raja Salman.

Sementara itu, Arab Saudi memulai Ramadhan 2022 pada Sabtu (2/4/2022) setelah melihat hilal pada Jumat malam waktu setempat.

"Sabtu, 2 April, adalah Ramadhan pertama tahun 1443 H," kata Mahkamah Agung melalui pernyataannya.

Mahkamah Agung juga menyampaikan salam dari Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman, pemerintah dan rakyat Saudi, serta umat Islam di Kerajaan pada kesempatan datangnya bulan suci Ramadhan 2022.

Baca juga: Arab Saudi Prediksi Awal Ramadhan Sabtu 2 April, Bagaimana Penghitungannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com