Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perang Rusia Orsk Meledak di Laut Azov, Hancur Diserang Ukraina

Kompas.com - 25/03/2022, 20:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BERDYANSK, KOMPAS.com - Kapal perang Rusia meledak di Berdyansk, pelabuhan Laut Azov dekat kota Mariupol, Ukraina, Rabu (23/3/2022).

Hancurnya kapal angkut Angkatan Laut Rusia bernama Orsk itu dikonfirmasi oleh Angkatan Laut Ukraina di media sosial.

“Kapal pendarat besar Orsk dari Armada Laut Hitam penjajah telah dihancurkan di pelabuhan Berdyansk yang direbut oleh Rusia,” tulis angkatan laut Ukraina di media sosial yang dikutip AFP.

Baca juga: 4 Rahasia Sukses Ukraina Menahan Invasi Rusia: Taktik Tabrak Lari hingga Perang Informasi

Gumpalan asap hitam mengepul dari kapal abu-abu besar yang berlabuh di samping derek besar itu, dalam video amatir yang dikatakan AL Ukraina sebagai serangan terhadap kapal tersebut.

Belum ada tanggapan atas klaim itu dari Kementerian Pertahanan Rusia, dan AFP belum bisa mengonfirmasi serangan itu secara independen.

Kantor berita TASS yang dikelola Pemerintah Rusia awal pekan ini menggambarkan kedatangan kapal pendarat sebagai peristiwa epik yang membuka peluang bagi Laut Hitam dalam hal logistik, mengutip saluran televisi terkait Kementerian Pertahanan Rusia, Zvezda.

TASS melaporkan bahwa kapal tersebut mampu membawa hingga 1.500 ton kargo.

Baca juga: Sampai Kapan Putin Perintahkan Invasi Rusia ke Ukraina? Ini Prediksinya...

Berdyansk terletak sekitar 80 kilometer di sebelah barat kota strategis Mariupol, yang telah dikepung dan hancur lebur diserang pasukan Rusia.

Ribuan warga sipil melarikan diri dari Mariupol melalui koridor evakuasi, tetapi sekitar 100.000 orang masih kekurangan air dan listrik.

Kyiv mengatakan, lebih dari 2.500 orang tewas di kota itu sejak Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi ke Ukraina satu bulan lalu.

Pasukan Rusia mencatatkan progres lebih maju di Ukraina selatan, tetapi hanya menguasai Kherson kota berpenduduk sekitar 200.000 orang.

Baca juga: Terus Dibombardir, Mengapa Kota Mariupol Begitu Penting bagi Rusia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com