Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditolak Orangtua yang Menjualnya, Liu Xuezhou Disebut Minta Dibelikan Rumah dan Pinjam Uang

Kompas.com - 27/01/2022, 14:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber 7News

SANYA, KOMPAS.com - Orangtua Liu Xuezhou (17), remaja China yang bunuh diri setelah ditolak oleh ayah dan ibu kandung yang menjualnya, menyebut putranya itu meminjam uang untuk bepergian dan berulang kali minta dibelikan rumah.

Permintaan itu dikatakan ibu Liu Xuezhou yang hanya disebut dengan nama keluarganya, Zhang, setelah reuni dengan putranya tersebut dua minggu usai Liu bertemu dengan ayahnya, Ding Shuangquan.

Liu Xuezhou ditemukan tewas bunuh diri pada Senin (24/1/2022) pagi di pantai oleh otoritas lokal di kota Sanya, provinsi Hainan, China selatan, menurut kantor berita The Paper.

Baca juga: Kisah Liu Xuezhou, Remaja China yang Dijual Orangtua Saat Bayi, Ditolak Setelah Bertemu Lagi hingga Bunuh Diri

Remaja yang bekerja sebagai guru pelatihan dari kota Shijiazhuang di provinsi Hebei tersebut pada awal Desember 2021 mengunggah video meminta bantuan untuk menemukan orangtua kandungnya.

Liu Xuezhou berkata, ia dijual kepada orangtua angkatnya pada 2005, tetapi keduanya tewas dalam kecelakaan saat dia berusia empat tahun. Ia juga menuduh seorang guru melecehkannya secara seksual ketika masih kecil.

Setelah kisahnya viral, Liu Xuezhou bertemu dengan ayah kandungnya, Ding Shuangquan, di kota Datong, provinsi Shaanxi, pada 26 Desember 2021 berkat bantuan polisi dan bukti DNA.

Sekitar dua minggu kemudian Liu Xuezhou bertemu ibu kandungnya di lokasi terpisah. Ayah dan ibu kandungnya tersebut sudah bercerai dan masing-masing memiliki keluarga baru, menurut The Beijing News.

Liu Xuezhou pun mengunggah kedua video pertemuan itu Douyin, nama TikTok di China, dan menggambarkannya sebagai reuni bahagia.

Namun, tak lama kemudian keadaan itu berubah 180 derajat.

Baca juga: 33 Tahun Usai Diculik, Pria Ini Bertemu Ibu Kandungnya berkat Gambar Desa dari Ingatannya

Liu Xuezhou (17 tahun) menggemparkan China setelah menemukan orangtua kandung yang menjualnya saat bayi secara online, namun kemudian ditemukan tewas.MAPAGMAHALCYRUS via TWITTER Liu Xuezhou (17 tahun) menggemparkan China setelah menemukan orangtua kandung yang menjualnya saat bayi secara online, namun kemudian ditemukan tewas.
Liu Xuezhou ditolak kedua orangtuanya

Tangkapan layar yang diunggah Liu Xuezhou di Douyin pada Senin (24/1/2022) menunjukkan Zhang memblokirnya di WeChat, aplikasi perpesanan populer di China.

Dalam unggahan terpisah, Liu Xuezhou mengaku Ding Shuangquan menolaknya masuk ke rumah karena khawatir istrinya akan menceraikannya.

"Apa Anda tidak berpikir tentang bagaimana putra kandungmu bisa bertahan lebih dari 10 tahun," katanya dikutip dari 7News

Zhang dua hari kemudian berkata kepada The Beijing News, Liu Xuezhou meminjam uang dari mereka untuk bepergian dan berulang kali minta dibelikan rumah di Hebei, tetapi keduanya tidak mampu membelikannya.

Liu Xuezhou langsung membantah tuduhan tersebut di Weibo, semacam Twitter di China, dengan menyebut tudingan itu membuatnya tak bisa berkata-kata.

"Kapan aku meminta Anda membelikan rumah di Hebei?... Tolong jangan mengarang untuk membuat diri Anda tidak bersalah," tulisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com