Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2022, 07:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

TONGA, KOMPAS.com - Pemerintah Tonga dan lembaga bantuan internasional melaporkan kerusakan signifikan terjadi di pulau utama Tonga setelah terjadinya letusan gunung berapi bawah laut dan disususl tsunami pada Sabtu (14/1/2022).

Pejabat Badan Kemanusiaan PBB mengatakan beberapa resor dan rumah di sepanjang pantai barat Tongatapu telah hancur atau rusak parah, dengan ibu kota Nuku'alofa tertutup abu.

Laporan awal setelah bencana mulai datang pada Senin (17/1/2022), setelah Australia dan Selandia Baru mengirim penerbangan pengintaian militer ke negara pulau Pasifik yang terisolasi itu.

Baca juga: Ahli Sebut Letusan Gunung Berapi Tonga Bisa Merusak Lingkungan Jangka Panjang, Ini Dampaknya

Dari situ, foto-foto penampakan Tonga setelah letusan gunung berapi bawah laut bisa didapatkan.

Laporan kerusakan juga telah datang dari Tonga menggunakan layanan telepon satelit.

Penerbangan pengintai juga mendeteksi kerusakan yang signifikan di pulau-pulau kecil Mango dan Fonoi, yang dihuni oleh 105 orang.

Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan rumah dan bangunan di Tonga sebelum letusan gunung berapi bawah laut.
MAXAR via CNN Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan rumah dan bangunan di Tonga sebelum letusan gunung berapi bawah laut.

Badan kemanusiaan PBB mengatakan suar marabahaya aktif telah terdeteksi dari Mangga.

Letusan gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai yang terletak sekitar 64 kilometer di utara Nuku'alofa diketahui telah merusak satu kabel serat optik bawah laut yang menyediakan layanan telepon dan internet ke pulau itu.

Baca juga: Gambar-gambar Pertama dari Tonga Setelah Erupsi Perlihatkan Skala Kerusakan

Operator mengatakan perbaikan kabel bisa memakan waktu dari satu sampai tiga minggu, tergantung pada tingkat kerusakan.

Pihak berwenang Tonga sendiri telah mendesak warga untuk memakai masker dan minum air kemasan karena abu vulkanik telah mengubah udara menjadi racun dan mencemari air minum segar di pulau itu.

Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan rumah dan bangunan di Tonga pada 18 Januari 2022 atau setelah letusan gunung berapi bawah laut yang telah ditutupi abu dan terjadi sejumlah kerusakan.

Maxar Tec via CNN Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan rumah dan bangunan di Tonga pada 18 Januari 2022 atau setelah letusan gunung berapi bawah laut yang telah ditutupi abu dan terjadi sejumlah kerusakan.
Pejabat militer Australia dan Selandia Baru mengatakan pesawat kargo mereka tidak dapat mengirimkan pasokan bantuan yang sangat dibutuhkan sampai landasan pacu di bandara Tonga dibersihkan dari abu.

Rencana upaya bantuan juga diperumit oleh kekhawatiran dari otoritas Tonga tentang pekerja bantuan yang membawa Covid-19 ke pulau itu, yang sejauh ini terhindar dari penyakit tersebut.

Kombinasi gambar satelit yang disediakan oleh Planet Labs PBC ini, menunjukkan Niutoua di Tongatapu, Tonga pada 9 Januari 2021, atas, dan pada 17 Januari 2022, setelah letusan 15 Januari. PLANET LABS PBC via AP PHOTO Kombinasi gambar satelit yang disediakan oleh Planet Labs PBC ini, menunjukkan Niutoua di Tongatapu, Tonga pada 9 Januari 2021, atas, dan pada 17 Januari 2022, setelah letusan 15 Januari.
Keluarga Angela Glover, warga negara Inggris berusia 50 tahun, yang tersapu ke laut oleh tsunami, mengatakan pada hari Senin bahwa jenazahnya telah ditemukan.

Letusan tersebut memicu peringatan tsunami di sebagian besar garis pantai barat AS.

Di tempat lain, dua orang di Peru tenggelam akibat gelombang tinggi yang dipicu tsunami.

Dalam foto yang disediakan oleh Angkatan Pertahanan Selandia Baru ini, abu vulkanik menutupi atap dan vegetasi di area Tonga, 17 Januari 2022.Angkatan Pertahanan Selandia Baru via CNN Dalam foto yang disediakan oleh Angkatan Pertahanan Selandia Baru ini, abu vulkanik menutupi atap dan vegetasi di area Tonga, 17 Januari 2022.

Tonga terletak di sepanjang wilayah "Cincin Api" Pasifik yang aktif secara seismik, yang dilapisi dengan garis patahan seismik dan gunung berapi aktif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com