Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Tik Tok Para Buruh Kokain di Kolombia Ditonton Jutaan Kali

Kompas.com - 09/11/2021, 03:13 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

BOGOTA, KOMPAS.com - Viral video Tik Tok para buruh kokain di Kolombia yang menunjukkan pekerjaan sehari-hari mereka di balik cerita para gembong yang kaya raya, dengan tagar #Catatumbo.

Akhir-akhir ini, para buruh dari produsen kokain di wilayah Catatumbo Kolombia telah mengunggah video kehidupan sehari-hari mereka di Tik Tok dengan tagar #Catatumbo telah dilihat lebih dari 3 juta kali, menurut media Kolombia.

Melansir BBC pada Senin (8/10/2021), beberapa video menunjukkan para buruh memanen tanaman kokain dan merawat petakan lahan.

Baca juga: Portugal Sita Kokain Terbesar dalam 15 Tahun, Nilainya Rp 3,2 Triliun

Ada lainnya, menunjukkan sedang berada di laboratorium mengolah kokain dan ada juga yang sedang menghibur dengan memperagakan diri sebagai kelompok musik.

"Ada video sebelumnya yang menunjukkan kisah para pekerja kokain dan laboratorium," kata Ana Leon dari La Silla Vacia.

"Tapi, yang tidak biasa di sini adalah mereka menceritakan kisah itu sendiri dan menunjukkan karya mereka," lanjutnya.

Sebagian besar produksi kokain Kolombia berada di hutan terpencil seperti yang ditunjukkan dalam video Tik Tok yang tengah viral.

Sehingga, di situ sering tejadi penggerebekan dalam upaya pemerintah menghentikan industri kokain yang ilegal.

Masalah perdagangan narkoba Kolombia adalah hal serius, bukanlah bahan tertawaan. Ribuan orang tewas berturut-turut, pemerintah Kolombia berusaha memerangi kartel narkoba yang kuat di sana.

Baca juga: Kuda Nil Kokain Milik Pablo Escobar Jadi Ancaman Lingkungan di Kolombia

Pada 24 Oktober 2021, Presiden Kolombia Ivan Duque mengumumkan pencapaian dengan Dairo Antonio Usuga, yang dikenal sebagai Otoniel, pemimpin tertinggi gembong narkoba klan Teluk telah ditangkap.

Rafael Abuchaibe dari BBC Monitoring mengungkapkan bahwa pihak berwenang telah lama menggambarkan upaya anti-narkoba mereka sebagai perang heroik melawan apa yang mereka sebut "organisasi teroris haus darah".

Namun, video Tik Tok para buruh baru-baru ini menunjukkan orang-orang biasa di balik industri kokain, dan popularitas mereka dapat diartikan bahwa publik tertarik pada cerita humanis mereka.

"Ini mereka bukan gembong kaya raya yang menjalankan kartel kriminal, tetapi petani, yang sering mengungsi dari daerah lain di negara itu, yang melihat keterlibatan mereka dalam industri ini sebagai satu-satunya cara untuk keluar dari kemiskinan," ujar Abuchaibe.

Ana Leon mengungkapkan bahwa ada masalah sosial yang sangat mengakar di Kolombia yang membuat para petani setempat terdesak untuk terjun dalam industri kokain.

Baca juga: Kokain Senilai Jutaan Dollar Ditemukan dalam Kecelakaan Mobil di AS

"Orang-orang di Catatumbo dan daerah lain di negara itu memiliki tanaman kokain sebagai satu-satunya cara mereka untuk mencari nafkah," kata Leon.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com