Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2021, 09:47 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

PUTRAJAYA, KOMPAS.com – Petinggi Partai PKR di Malaysia mengkritik pemerintah yang akan yang mengganti mobil dinas para menterinya dari Proton Perdana menjadi Toyota Vellfire.

Salah satu petinggi Partai PKR, P Prabakaran, menyebut penggantian mobil dinas para menteri dari sedan menjadi MPV mewah itu merupakan pemborosan uang rakyat.

Selain itu, petinggi partai oposisi itu juga mengkritik biaya renovasi dan perabotan baru di kantor perdana menteri yang menelan anggaran hingga 1 juta ringgit Malaysia (Rp 3,4 miliar).

Baca juga: Perusahaan di Malaysia Wajib Memiliki Minimal 1 Perempuan di Jajaran Direksi

“Menteri (dari partai) Perikatan Nasional (Menteri Keuangan Tengku Zafrul Aziz) tidak hanya menghamburkan uang rakyat dengan membeli mobil-mobil mewah ini,” kata Prabakaran sebagaimana dilansir Free Malaysia Today, Jumat (5/11/2021).

“Ditambah lagi, renovasi rumah dinas perdana menteri, Kompleks Seri Perdana, menelan biaya 30 juta ringgit (rp 103 miliar),” sambung Prabakaran.

Prabakaran menambahkan, berdasarkan penghitungan, total mobil Vellfire yang akan dibeli mencapai 41 unit. Sedangkan kabinet Malaysia hanya memiliki 32 menteri.

“Jadi siapa yang menggunakan sembilan mobil Vellfire sisanya?” sentil Prabakaran.

Baca juga: Malaysia Laporkan 70.058 Kasus Aktif Covid-19, Sarawak Berencana Beli Pil Merck

Dia mengatakan konsep “Keluarga Malaysia” hanya retorika semata karena hanya biaya administrasi para menteri saja yang meningkat.

Tetapi, ketika menyangkut anggaran untuk kementerian penting seperti kesehatan, alokasinya justru dikurangi oleh pemerintah.

“Pemborosan ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak peka terhadap rakyat Malaysia yang menderita,” tutur Prabakaran.

“Termasuk (tidak peka kepada) mereka yang kehilangan mata pencaharian karena pandemi, usaha kecil dan menengah yang bangkrut, memengaruhi kesehatan mental mereka,” imbuh Prabakaran.

Baca juga: Perusahaan Malaysia Bikin Kondom Unisex Pertama di Dunia

Dia juga mengatakan perluna para menteri peka terhadap isu-isu yang kini tengah mengepung rakyat.

Awal pekan ini, Zafrul mengumumkan penggantian mobil dinas para menteri dari Proton Perdana ke Toyota Vellfire akan berdampak pada pengurangan biaya perawatan bulanan.

Hingga September, kata Zafrul, pemerintah telah membayar total 1,42 juta ringgit Malaysia (Rp 4,8 miliar) kepada pemegang konsesi.

Baca juga: Malaysia Ekspor Listrik dari Energi Tak Terbarukan ke Singapura, Mahathir Berang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com