Kompas.com - 22/10/2021, 14:53 WIB
Ilustrasi perubahan iklim ShutterstockIlustrasi perubahan iklim

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Komunitas intelijen AS memperingatkan bahwa perubahan iklim akan mendorong peningkatan ketegangan internasional.

Perkiraan Intelijen Nasional (NIE) pertama tentang Perubahan Iklim bahwa iklim Bumi akan berpengaruh terhadap keamanan nasional hingga 2040.

Banyak negara akan berdebat tentang bagaimana merespons perubahan iklim, dan dampaknya akan paling terasa di negara-negara miskin, yang paling tidak mampu beradaptasi terhadap situasi tersebut, seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (22/10/2021).

Laporan intelijen AS tentang perubahan iklim juga memperingatkan tentang risiko jika teknologi geo-engineering digunakan oleh beberapa negara yang bertindak sendiri.

Baca juga: Badan Lingkungan Inggris: Perubahan Iklim Ini antara Beradaptasi atau Mati

Peringatan-peringatan soal bahaya dampak perubahan iklim terhadap keamanan nasional hingga 2040 itu tertulis dalam laporan penilaian setebal 27 halaman.

Laporan tersebut adalah pandangan kolektif dari semua 18 badan intelijen AS. Itu adalah pandangan pertama mereka tentang apa arti iklim bagi keamanan nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan intelijen AS itu melukiskan gambaran dunia yang gagal bekerja sama, yang mengarah pada persaingan dan ketidakstabilan negara-negara di dunia yang berbahaya.

Laporan tersebut telah dikeluarkan tepat sebelum Presiden Joe Biden menghadiri KTT iklim COP26 pada November di Glasgow, untuk mencari kesepakatan internasional.

Perkiraan Intelijen Nasional mendorong negara-negara tentang usaha untuk mempertahankan ekonomi mereka dan mencari keuntungan dalam mengembangkan teknologi baru.

Beberapa negara mungkin menolak keinginan untuk melakukan itu, dengan lebih dari 20 negara mengandalkan bahan bakar fosil untuk lebih dari 50 persen dari total pendapatan ekspor.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.