Kompas.com - 22/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi proyek jet tempur generasi kelima dari India, Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA). WIKIMEDIA/KARN MALHOTRAIlustrasi proyek jet tempur generasi kelima dari India, Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA).

NEW DELHI, KOMPAS.com – India berambisi mempuyani jet tempur generasi kelima alias jet tempur siluman buatan dalam negeri pada 2025.

Untuk merealisasikan ambisi tersebut, “Negeri Anak Benua” telah meluncurkan program bernama Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA).

Pada 2018, India menarik diri dari program bersama Jet Tempur Generasi Kelima Rusia-India (FGFA) untuk memproduksi jet tempur baru berdasarkan Su-57 Rusia.

Baca juga: Erdogan Jajaki Pembelian Jet Tempur F-16 dari AS

Meski Angkatan Udara India (IAF) memiliki reservasi teknis konkret melalui FGFA, keputusan New Delhi untuk menarik diri dari program FGFA bukannya tanpa konteks politik.

FGFA secara bertahap akan membuat India tidak memiliki kebebasan di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, tujuan India adalah membangun industri pertahanan dalam negerinya sebagai bagian dari inisiatif Make in India dari pemerintah.

Setelah itu, terealisasilah proyek AMCA, yang sebenarnya telah dirancang sejak 2014, sebagaimana dilansir The National Interest.

Baca juga: 10 Jet Tempur Canggih yang Dimiliki China

AMCA merupakan proyek teknis yang juga merupakan bagian dari upaya kebijakan India yang lebih luas untuk berinvestasi di sektor industri pertahanan.

Program tersebut dipimpin oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India.

Selain itu, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dan juga dijadwalkan untuk melibatkan upaya dari kontraktor lokal.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.