Sorot Bokong Atlet Putri Saat Tanding, Federasi Panjat Tebing Dunia Dikecam

Kompas.com - 23/09/2021, 15:39 WIB
Atlet panjat tebing putri asal Austria, Johanna Farber. INSTAGRAM @_yohoney_ via NEW YORK POSTAtlet panjat tebing putri asal Austria, Johanna Farber.

MOSKWA, KOMPAS.com - Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC) meminta maaf setelah kameramen penyiar pertandingan menyorot bokong atlet putri, Johanna Farber, saat bertanding.

Pantat atlet asal Austria itu disorot close-up dalam tayangan ulang (replay) di Kejuaraan Dunia Moskwa, Rusia.

Bahkan ini adalah kali kedua Johanna Farber mendapat perlakuan tak senonoh di TV. Sebelumnya, pada Juni 2021 ia juga mengalami kejadian serupa.

Baca juga: Dari Pantat Pria Ini, Dokter Keluarkan Cacing Pita Sepanjang 17 Meter

Setelah meminta maaf pada kasus pertama, IFSC kembali melayangkan permohonan maaf atas kejadian kedua pada Sabtu (18/9/2021).

"IFSC mengecam obyektifikasi tubuh manusia dan akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk menghentikannya, dan untuk melindungi para atlet," ujar federasi itu dikutip dari Sky News, Minggu (19/9/2021).

Presiden IFSC Marco Scolaris berkata, "Berapa kali sesuatu harus dilakukan dengan salah, sebelum kita belajar bagaimana melakukannya dengan benar?"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Olahraga panjat tebing memulai debutnya di Olimpiade Tokyo tahun ini dan popularitasnya terus melonjak, tetapi para pelaku cabor itu khawatir tidak ada cukup upaya untuk melindungi atlet wanita.

Mantan pendaki yang juga pemimpin redaksi UK Climbing.com, Natalie Berry, mengatakan kepada Sky News, "Insiden tidak sopan yang terjadi sekali lagi pada atlet yang sama sangat mengecewakan, saat lebih banyak mata tertuju pada olahraga ini daripada sebelumnya, dan semakin banyak wanita serta anak perempuan yang diperkenalkan pada panjat tebing."

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.