Rekaman Video Tunjukkan Migran Haiti Marah Lempar Sepatu ke Pesawat AS di Bandara Port-au-Prince

Kompas.com - 23/09/2021, 15:04 WIB

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Kerusuhan terjadi di bandara utama Haiti pada Selasa (21/9/2021) ketika para migran dideportasi dari AS.

Mereka menolak untuk dipulangkan, sehingga, mereka bergegas kembali ke pesawat yang ditumpangi. Sementara, yang lainnya melemparkan sepatu ke pesawat tersebut.

Rekaman video yang beredar menunjukkan di bandara Toussaint Louverture Haiti orang-orang berebut barang-barang pribadi mereka, setelah tas mereka dibuang keluar pesawat.

Baca juga: 10.000 Migran Haiti yang Berlindung di Bawah Jembatan Texas Akan Dideportasi AS

Ketika seorang pria migran mencapai dekat pesawat dan berusaha kembali naik, pintu segera ditutup tepat waktu oleh awak pesawat jet tersebut, seperti yang dilansir dari BBC pada Kamis (23/9/2021).

Ada laporan bahwa beberapa migran Haiti tidak diberitahu bahwa mereka akan dibawa kembali ke Haiti.

Menurut pernyataan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) AS, ada 2 insiden terpisah di bandara Haiti pada Selasa (21/9/2021).

Sebuah sumber mengatakan kepada NBC News bahwa pilot pesawat di salah satu penerbangan diserang saat tiba di Haiti dan 3 petugas imigrasi AS juga terluka.

Baca juga: Krisis Haiti Memburuk, Perdana Menteri Pecat Jaksa yang Menuduhnya Terlibat Pembunuhan Presiden

Dalam insiden terpisah di Texas, sekelompok warga Haiti dilaporkan melawan agen Patroli Perbatasan, dan berusaha melarikan diri setelah menyadari bahwa mereka dideportasi.

Saat itu, para migran sedang diangkut dengan bus dari kota Brownsville ke Del Rio.

"Ketika para migran mengetahui bahwa mereka akan dikirim kembali ke Haiti, mereka mengambil bus dan mereka melarikan diri," Brandon Judd, presiden Dewan Patroli Perbatasan Nasional, mengatakan pada konferensi pers Selasa malam waktu setempat.

Halaman:
Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.