Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Gempa Haiti Tembus 2.200, Gangster Tawarkan Pengamanan Bantuan dari Pembajak

Kompas.com - 23/08/2021, 07:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Salah satu gangster Haiti yang paling terkenal di ibu kota mengumumkan dalam video media sosial bahwa geng sekutunya telah mencapai gencatan senjata dan akan menolong upaya bantuan.

Jimmy Cherizier, alias "Barbekyu", pemimpin Pasukan Revolusioner G9, menyampaikan video Facebook ke bagian yang paling parah di semenanjung barat daya Haiti.

Baca juga: Penculikan Dokter Rumah Sakit Jadi Masalah Baru di Haiti Pasca Gempa

“Kami ingin memberitahu mereka bahwa Pasukan Revolusioner G9 dan sekutu, semua untuk satu dan satu untuk semua, bersimpati dengan rasa sakit dan kesedihan mereka,” kata Cherizier Pada Minggu (22/8/2021).

“Pasukan Revolusioner G9 dan sekutu … akan berpartisipasi dalam usaha pertolongan dengan membawakan bantuan kepada mereka. Kami mengundang semua rekan senegara untuk menunjukkan solidaritas dengan para korban dengan mencoba berbagi apa yang ada dengan mereka.”

Jika itu terbukti benar, itu mungkin memungkinkan percepatan upaya bantuan.

Pasalnya, banyak yang telah berusaha membajak truk bantuan dan bahkan ambulans, sehingga memaksa tim pengirim bantuan untuk mengangkut pasokan dengan helikopter.

Upaya pemulihan juga terhambat oleh banjir dan kerusakan akses jalan, menambah ketegangan di beberapa daerah yang paling parah terdampak.

Di beberapa tempat, orang banyak yang putus asa berebut kantong makanan.

Baca juga: Warga yang Selamat dari Gempa Haiti Khawatir Jadi Korban Tewas Selanjutnya karena Kelaparan

Jumlah korban tewas meningkat pada saat operasi bantuan meluas, dan pihak berwenang berjuang dengan keamanan di titik-titik distribusi.

Melansir Al Jazeera, peningkatan jumlah korban tewas adalah yang pertama sejak Rabu malam (16/8/2021), ketika pemerintah menetapkan 2.189 korban jiwa.

Pemerintah Haiti mengatakan pada Minggu (22/8/2021) bahwa 344 orang masih hilang, 12.268 orang terluka dan hampir 53.000 rumah hancur akibat gempa.

Runtuhnya gereja-gereja di beberapa kota dan desa yang terkena dampak terburuk di negara Karibia yang miskin itu membuat penduduk berduka di lapangan terbuka.

Sementara itu, di kota Les Cayes yang terkena dampak parah, beberapa orang menghadiri kebaktian gereja di luar ruangan pada Minggu (22/8/2021) karena tempat-tempat ibadah rusak parah akibat gempa, yang berpusat di semenanjung barat daya negara yang miskin itu.

Sekitar 200 jemaah berkumpul lebih awal di Gereja Katolik Roma Paroisse Saint-Joseph De Simon di pinggiran kota untuk misa Minggu (22/8/2021) pertama sejak bencana.

“Semua orang menangis hari ini karena kehilangan mereka,” kata imam itu, Marc Orel Sael.

Halaman:
Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com