Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SD di AS Bikin Aturan Aneh, Murid Wajib Pakai Masker Saat Makan

Kompas.com - 23/09/2021, 15:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

TACOMA, KOMPAS.com - Sebuah Sekolah Dasar (SD) di negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS), membuat aturan aneh yang mewajibkan para murid tetap memakai masker saat makan siang.

Beberapa orang tua lalu mengeluhkan aturan tersebut dan menganggapnya aneh.

Sekolah bernama Geiger Montessori School di Tacoma itu kemudian membatalkan kebijakannya, seiring banyaknya kritik yang masuk.

Baca juga: Kisah Brenda Spencer, Tembaki Sekolah dan Bunuh 2 Orang karena Benci Hari Senin

Saat mengeluarkan aturan via e-mail kepada para orang tua murid, pihak sekolah menyarankan anak-anak ditempatkan di kafetaria berventilasi, dan dapat melepas masker mereka hanya untuk makan atau minum.

Namun, setelah memasukkan makanan ke dalam mulut, anak-anak harus memakai maskernya lagi selama mengunyah, menelan, atau berbicara, lapor KTTH yang dikutip Russian Today, Rabu (22/9/2021).

Salah satu orang tua yang mengeluh kepada KTTH mengatakan, aturan itu gila dan KTTH pun menghubungi pihak sekolah.

Pihak sekolah menerangkan, aturan itu didasarkan pada pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) serta Departemen Kesehatan negara bagian Washington.

Akan tetapi, dokumen negara bagian Washington menyatakan, "Siswa dapat melepas penutup wajah untuk makan dan minum" serta menerapkan social distancing ketika masker tidak dapat dipakai, seperti saat makan siang.

Sementara itu, pedoman CDC tidak menyebutkan penggunaan masker saat makan siang, kecuali mengharuskan siswa mengenakan masker ketika mengambil makanan.

Meski pada akhirnya membatalkan kebijakan itu, petinggi SD Geiger Montessori membela aturan tersebut sebagai interpretasi yang baik dari pedoman.

Juru bicara sekolah menambahkan, "Kami tidak akan mendisiplinkan siswa mana pun karena tidak mengenakan masker mereka saat makan."

Baca juga: Cerita Desain Bendera Amerika Serikat Modern, Awalnya Tugas Sekolah Bernilai B-

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com