Kompas.com - 22/08/2021, 09:45 WIB
Kim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019. Jorge Silva/REUTERSKim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019.

KOMPAS.com - Kim Yo jong telah menjadi satu-satunya tokoh terpenting rezim Korea Utara setelah saudara laki-lakinya, pemimpin negara itu, Kim Jong Un.

Dia bergabung dengan Partai Pekerja Korea (WPK) pada 2007, hingga akhirnya menjabat sebagai sekretariat Kim Jong-il, sampai kematian ayahnya pada 2011.

Profil Kim terus meningkat sejak 2014, ketika ia diberi peran penting sebagai wakil direktur Departemen Propaganda dan Agitasi Partai Buruh.

Sejak mewakili Kim di Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, Yo-jong tidak hanya memperoleh gelar bergengsi di dalam partai Buruh yang berkuasa.

Guardian menyebutnya sebagai otak di balik citra publik Kim yang dibangun dengan hati-hati, di dalam dan luar negeri.

Sebagai imbalannya, dia menikmati kepercayaan mutlak dari kakaknya, seorang pemimpin yang mampu memerintahkan eksekusi pamannya sendiri karena tuduhan pengkhianatan.

Dia secara luas diyakini sebagai salah satu tokoh paling kuat dalam sistem politik rahasia Korea Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jokowi Dapat Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan dari Kim Jong Un

Awal peran dalam suksesi

Kim Yo-Jong lahir 26 September 1987, adalah anak bungsu dari Kim Jong Il dan pendampingnya Ko Yong-Hui.

Adik Kim Jong Un ini dibesarkan dalam isolasi dengan saudara laki-lakinya yang lain, Kim Jong Chol dan Kim Jong Un, di sebuah kompleks pribadi di Pyongyang, dan sedikit yang diketahui tentang kehidupan awalnya.

Menurut koki keluarga Kenji Fujimoto, keluarga ini biasa merayakan ulang tahunnya di rumah lain di Wonsan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.