Kompas.com - 14/08/2021, 15:32 WIB
Pemandangan udara ini menunjukkan laboratorium P4 (tengah) di kampus Institut Virologi Wuhan di Wuhan di provinsi Hubei tengah China pada 13 Mei 2020. AFP PHOTO/HECTOR RETAMALPemandangan udara ini menunjukkan laboratorium P4 (tengah) di kampus Institut Virologi Wuhan di Wuhan di provinsi Hubei tengah China pada 13 Mei 2020.

JENEWA, KOMPAS.com - Seorang pakar Badan kesehatan Dunia (WHO) menduga, pasien nol Covid-19 adalah pekerja laboratorium di Wuhan yang terpapar dari kelelawar.

Profesor Peter Ben Embarek merupakan ketua tim yang dikirim ke ibu kota Provinsi Hubei, China untuk menyelidiki asal usul virus corona.

Awalnya, organisasi kesehatan di bawah PBB itu menyebut tidak mungkin virus mematikan itu berasal dari Institut Virologi Wuhan (WIV).

Baca juga: Pasien Nol Covid-19 Italia Diburu, Diduga Terpapar sebelum Kasus Wuhan

Namun kini, WHO mulai menyiratkan bahwa Covid-19 bisa jadi berasal dari kelelawar yang menginfeksi pekerja di WIV.

Karena itu sampai saat ini, asal usul corona tetaplah misteri dengan teori paling memungkinkan virus itu berpindah ke manusia lewat hewan perantara.

Tetapi kepada media Denmark, Profesor Embarek mengatakan sangat mungkin transmisi terjadi ketika pekerja lab berinteraksi dengan kelelawar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hipotesisnya, sangat mungkin pasien nol adalah karyawan bagian dalam lab, atau petugas lapangan yang mengambil sampel.

"Bisa jadi seseorang dari lab terinfeksi ketika dia mengoleksi sampel dari goa kelelawar," kata Prof Embarek.

Dia menuturkan skenario yang dia kemukakan bisa jadi dimasukkan argumentasi bahwa virus tersebut bocor dari laboratorium.

Baca juga: “Pasien Nol” Wabah Black Death Ditemukan dari Jasad Berusia 5.000 Tahun

Namun di sisi lain hipotesis itu masih sesuai dengan dugaan pertama, bahwa ada hewan yang menularkannya ke manusia.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.