Pria Berusia 100 Tahun Diadili sebagai Mantan Pejabat Kamp Konsentrasi Nazi

Kompas.com - 03/08/2021, 13:09 WIB
Ribuan bangsa Yahudi tiba di kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau di masa Perang Dunia II. Sejarah mencatat 6 juta orang Yahudi tewas akibat praktik holocaust yang diterapkan Nazi Jerman. WikipediaRibuan bangsa Yahudi tiba di kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau di masa Perang Dunia II. Sejarah mencatat 6 juta orang Yahudi tewas akibat praktik holocaust yang diterapkan Nazi Jerman.

BERLIN, KOMPAS.com - Mantan pejabat kamp konsentrasi Nazi yang berusia 100 tahun akan diadili di Jerman pada Oktober atas tuduhan keterlibatannya dalam pembunuhan 3.518 orang.

Kantor kejaksaan di Neuruppin telah mengajukan tuntutan pertama kali pada Februari, kemudian menerima konfirmasi dari medis bahwa pria lanjut usia itu "layak untuk diadili".

Jaksa penuntut mengatakan persidangan yang berlangsung akan dibatasi 2,5 jam dalam sehari.

Baca juga: Di Balik Sosok Bengisnya, Inilah 4 Fakta Unik Adolf Hitler

Melansir The Guardian pada Senin (2/8/2021), bahwa tersangka dituduh "secara sadar dan sukarela" membantu membunuh tahanan di kamp Sachsenhausen di Oranienburg, utara Berlin, antara 1942-1945.

Dia terutama dituduh terlibat dalam "eksekusi oleh regu tembak tahanan perang Soviet pada 1942" dan pembunuhan tahanan "menggunakan gas beracun Zyklon B".

Terdakwa disebutkan dalam laporan media lokal tinggal di negara bagian Brandenburg di luar Berlin, sementara namanya tidak disebutkan sesuai dengan undang-undang privasi Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Thomas Walther, seorang pengacara yang mewakili sejumlah korban dalam kasus kamp konsentrasi Nazi, mengatakan kepada surat kabar Jerman Welt am Sonntag, "Beberapa pelapor sama tuanya dengan terdakwa dan mengharapkan keadilan ditegakkan."

Baca juga: Spesifikasi Panther, Tank Nazi Jerman dalam Perang Dunia II

Kamp konsentrasi Sachsenhausen didirikan pada 1936 sebagai kamp baru pertama setelah Adolf Hitler memberi SS kendali penuh atas sistem kamp konsentrasi Nazi.

Kamp konsentrasi Sachsenhausen dimaksudkan untuk menjadi acuan fasilitas dan kamp pelatihan untuk jaringan yang dibangun Nazi di seluruh Jerman, Austria, dan wilayah yang diduduki.

Lebih dari 200.000 orang telah ditahan di kamp konsentarasi itu antara 1936-1945.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.