Kompas.com - 30/07/2021, 09:39 WIB
Indonesia menerima bantuan dari Pemerintah India berupa 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton medis cair guna menangani pasien Covid-19 di Tanah Air. Kementerian Luar NegeriIndonesia menerima bantuan dari Pemerintah India berupa 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton medis cair guna menangani pasien Covid-19 di Tanah Air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal minggu ini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap kebutuhan oksigen nasional perhari, di tengah lonjakan eksponensial kasus Covid-19 yang mencapai 2.500 ton oksigen per hari.

"Kebutuhan oksigen harian kami 400 ton sebelum hari raya Idul Fitri, dan sekarang meningkat menjadi 2.500 ton. Sementara kapasitas produksi kami 1.700 ton per hari," katanya di Kantor Presiden di Jakarta, Senin (26/7/2021).

“Rencananya kami akan membeli 20 ribu (oksigen konsentrator) yang akan kami distribusikan ke seluruh rumah sakit yang memiliki ruang isolasi. Dengan demikian, pasien yang sangat membutuhkan oksigen bisa menghirup oksigen yang dihasilkan oleh oksigen konsentrator," kata.

Ia berharap dengan hadirnya oksigen konsentrator dapat mengurangi kebutuhan pengadaan tabung oksigen dalam jumlah banyak. Setiap 1.000 oksigen konsentrator dapat menghasilkan hampir 20 ton oksigen per hari.

Sadikin pun melaporkan sumbangan 17 ribu (oksigen konsentrator) sudah mulai berdatangan (di Indonesia).

Berikut ini Kompas.com merangkum daftar negara yang telah dilaporkan mengirimkan bantuan oksigen konsentrator untuk Indonesia.

Baca juga: Pakar: Indonesia Bisa Jadi Negara Terakhir di Dunia yang Keluar dari Krisis Pandemi Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Singapura

Indonesia menerima dukungan dari Pemerintah Singapura, meliputi 250 tabung oksigen isi kapasitas 50 liter, 2 buah ISO Tank, 570 oksigen konsentrator, 600 nasal cannula, dan 600 bubble humidifier menurut keterangan pers Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui laman Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

Sebelumnya, Singapura juga mengirim dukungan berupa 200 ventilator, 256 tabung oksigen kapasitas 50 liter dan alat kesehatan lainnya dan telah tiba di Indonesia 9 Juli 2021.

Lebih dari 11.000 oksigen konsentrator juga dilaporkan dikirim ke Indonesia dari perusahaan di Singapura di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Pengiriman akan dilakukan secara batch, dengan pengiriman pertama sebanyak 1.500 unit tiba di Jakarta pada Selasa (12/7/2021) dan Rabu (13/7/2021). Lebih banyak oksigen konsentrator akan dikirimkan selama beberapa minggu ke depan.

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.