Ketika Arwah Istri Pertama Marco Polo Menghantui Gang di Venezia

Kompas.com - 25/07/2021, 16:02 WIB
Salah satu kanal di Venezia, Italia, yang dipercaya sering menjadi penampakan arwah Hao Dong, istri pertama Marco Polo KOMPAS.com/KRISNA DIANTHASalah satu kanal di Venezia, Italia, yang dipercaya sering menjadi penampakan arwah Hao Dong, istri pertama Marco Polo

VENEZIA, KOMPAS.com - Ada untungnya pernah menetap di kota seperti Jakarta. Paling tidak, ketika menyusuri gang sempit di Venezia, kepanikan tidak langsung melanda, saat mencari rumah bekas kediaman Marco Polo.

Jalan, atau lebih tepat disebut gang, cukup sempit. Kadang becek, bau pula. Juga berliku dan pendek. Lengah sejenak menatap google map, dijamin tersesat.

Namun pada akhirnya, kami, tiga Urban Explorer (Urbex), berdiri di depan gedung tua, kusam dan spooky di sebuah tempat yang bernama Soporto del Milion.

Baca juga: Masa Lalu Kelam, Masyarakat Venezia Coba Tutupi Pulau Angker Poveglia

Soporto de Milion tidak banyak berbeda dengan kawasan lain di Venezia. Bangunan dengan tembok sebagian mengelupas, cat pintu atau jendela yang memudar, atau paving stone yang tidak rata.

Jika ada istimewanya, ya, itu tadi, bangunan ini dipercaya sebagai tempat kediaman Marco Polo selama di Venezia, sekitar 700 tahun lalu.

Lebih istimewa lagi, di kawasan ini pula, dipercaya sebagai kawasan penampakan arwah Hao Dong, istri pertama Marco Polo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari namanya memang bukan asli dari Venezia. Hao Dong berasal dari China, salah satu putri Kaisar Kubilai Khan. Penguasa "Negeri Panda" ini menyerahkan Hao Dong kepada Marco Polo, karena jasanya menghubungkan China dan Venezia.

Kami sengaja datang menjelang gelap, agar aura spooky terasa. Apalagi saat ini Venezia sepi turis. 15 menit pertama tidak terasa apa apa.

Begitu juga menit menit selanjutnya. Sahibul gunjing mengatakan, pada malam tertentu akan terdengar suara perempuan menyanyikan lagu Mandarin. Dan sekelebat bayangan wanita berbaju sutera putih melayang di atas kanal, lalu menghilang menembus jendela.

Baca juga: Kisah Misteri: Pembunuhan Hello Kitty, Berawal dari Melihat Arwah, Ternyata Ini Faktanya...

"Tapi terasa ada yang mengawasi,“ kata Natalis Kunz, Urbex Swiss yang bisa merasakan dunia lain. "Kita tidak sendiri di tempat ini,“ imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.