Kompas.com - 20/07/2021, 18:01 WIB
ilustrasi hujan lebat Wavebreakmedia Ltdilustrasi hujan lebat

HONG KONG, KOMPAS.com - Dua badai besar terbentuk di atas perairan Asia Timur, yang diperkirakan akan menghantam wilayah itu dengan angin dan hujan lebat dalam beberapa hari.

Badai tropis Cempaka membentuk topan pada Selasa (20/7/2021) dini hari waktu setempat di atas Laut China Selatan, seperti yang dilansir dari CNN pada Selasa (20/7/2021).

Badai Cempaka memiliki kecepakatan angin sampai 120 kph, berlokasi di sekitar 185 km di barat daya Hong Kong, sekitar pukul 5 pagi.

Baca juga: Korban Badai Petir India Bertambah, Sedikitnya 65 Orang Tewas di Beberapa Lokasi

Badai Cempaka diperkirakan tidak akan menguat ketika semakin mendekati daratan.

Selain Badai Cempaka, menurut sinyal peringatan topan dari Observatorium Hong Kong, badai In-Fa yang kuat juga akan melanda Hong Kong dengan kecepatan angin 41-62 kph.

Badai tropis In-Fa bergerak lebih jauh ke utara, terutama berdampak pada pulau-pulau selatan Jepang dan Taiwan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diprediksi In-Fa akan menguat menjadi topan pada Selasa malam waktu setempat, tetapi diperkirakan tidak akan terjadi interaksi dengan badai Cempaka.

In-Fa diperkirakan akan membawa hujan di Jepang menjelang Olympic Games, yang akan dibuka di Tokyo pada Jumat (23/7/2021).

Ombak besar air laut disebut juga akan terjadi, yang mungkin akan menjadi incaran para peselancar, yang berlatih untuk kompetisi selancar Olimpiade perdana.

Baca juga: Dampak Badai Elsa Meluas, Kuba Evakuasi 180.000 Warga

Badai Cempaka diperkirakan akan mendarat pada Selasa (20/7/2021) sore atau malam waktu setempat di dekat kota Yangjiang di provinsi Guangdong, China, membawa hujan lebat dan banjir ke bagian tenggara negara itu sepanjang minggu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.