Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Warga Israel Tewas dalam Kecelakaan Kereta Gantung di Italia

Kompas.com - 24/05/2021, 17:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Empat belas orang tewas, termasuk lima warga Israel dalam insiden kecelakaan kereta gantung di Italia pada Minggu waktu setempat (23/5/2021).

Kereta ini, seperti dilansir AFP, menabrak sisi gunung di Italia Utara. Menewaskan di antaranya sepasang suami istri warga Israel beserta anaknya yang tinggal di Italia.

Baca juga: Kereta Gantung Jatuh di Gunung Italia, 8 Orang Tewas dan 2 Luka Parah

Sementara, menurut layanan penyelamatan Alpine, anak yang lain yang masih berusia lima tahun mengalami trauma otak dan patah kaki.

Presiden Sergio Mattarella dan Perdana Menterinya, Mario Draghi, menyatakan duka mendalam atas peristiwa yang tak terduga ini. Keduanya langsung menyampaikan belasungkawa pada keluarga para korban.

Perjalanan kereta gantung berdurasi 20 menit ini memang populer di kalangan turis. Menghubungkan Stresa dengan puncak gunung Mottarone setinggi 1.500 meter atau sekitar 4.900 kaki. Menawarkan sensasi pemandangan luar biasa pegunungan Alpen.

Kementerian Infrastruktur Italia menyatakan, peristiwa naas itu terjadi pukul 00.30 dini hari waktu setempat.

Kecelakaan yang kemungkinan besar disebabkan putusnya kabel dekat bagian atas rute ini, membuat kereta mundur dan menabrak tiang.

Sementara itu, Enrico Giovannini Menteri Infrastruktur Italia masih melakukan penyelidikan atas kejadian yang tidak terduga ini.

Sejumlah orang di TKP yang diperiksa mengaku tak menyangka saat kecelakaan itu terjadi. Luisa Tesserin, pengunjung asal Genoa, bahkan sempat naik kereta gantung itu satu jam sebelum terjadi kecelakaan.

"Ketika kami naik, kereta gantung tidak memberikan sinyal aneh, semuanya baik-baik saja. Ketika mereka memberi tahu berita kecelakaan, kami terkejut," ujar Tesserin dilansir AFP.

Baca juga: UPDATE: Kereta Gantung Jatuh di Gunung Italia Tewaskan 13 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com