Panel Ahli Internasional Ajukan Rekomendasi untuk Akhiri Pandemi Covid-19

Kompas.com - 13/05/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.

JENEWA, KOMPAS.com - Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi (IPPPR) dalam laporan, yang dirilis Rabu (12/5/2021), membuat beberapa rekomendasi tentang bagaimana menangani pandemi saat ini.

IPPPR diketuai bersama oleh mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark, dan mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, seorang penerima Hadiah Nobel Perdamaian 2011.

Baca juga: Panel Ahli Internasional: Besarnya Bencana Pandemi Covid-19 Seharusnya Dapat Dicegah

Negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mei tahun lalu meminta Laporan dari panel ahli internasional ini.

Laporan yang akhirnya dirilis pada Rabu (12/5/2021) berjudul “Covid-19: Make it the Last Pandemic”, berpendapat bahwa sistem alarm global perlu dirombak untuk mencegah bencana serupa.

Berikut rekomendasi yang diajukan berdasarkan laporan “: Make it the Last Pandemic” tersebut seperti dilansir Daily Mail pada Rabu (12/5/2021).

1. Berbagi vaksin

Untuk mengatasi pandemi saat ini, panel itu meminta negara-negara terkaya untuk menyumbangkan satu miliar dosis vaksin kepada yang termiskin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Negara kaya dan divaksinasi dengan baik harus menyediakan itu untuk 92 wilayah termiskin dalam skema Covax.

Secara spesifik untuk mengakhiri pandemi, negara-negara kaya perlu menyediakan paling tidak 1 miliar vaksin Covid-19 kepada yang termiskin di dunia pada September.

“Kemudian dua miliar lagi pada akhir 2022,” para ahli menambahkan.

2. Tranfer teknologi vaksin

WHO dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) juga harus meminta negara-negara penghasil vaksin besar dan produsen, untuk menyetujui lisensi sukarela dan transfer teknologi untuk vaksin Covid-19.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X