Tak Punya Gelar, Pangeran Harry Bakal Beda “Kostum” dengan Anggota Kerajaan Lainnya di Pemakaman Pangeran Philip

Kompas.com - 12/04/2021, 17:11 WIB
Dalam file foto 12 April 2006 ini, Pangeran Philip (kiri), berbicara dengan cucunya, Pangeran William (tengah) dan Pangeran Harry (kanan), setelah The Sovereign's Parade di Royal Military Academy di Sandhurst, Inggris. AP PHOTO/LEFTERIS PITARAKISDalam file foto 12 April 2006 ini, Pangeran Philip (kiri), berbicara dengan cucunya, Pangeran William (tengah) dan Pangeran Harry (kanan), setelah The Sovereign's Parade di Royal Military Academy di Sandhurst, Inggris.

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry kemungkinan akan menggunakan kostum berbeda dengan anggota kerajaan lain di pemakaman Duke of Edinburgh. Pasalnya dia tidak boleh mengenakan seragam militer setelah kehilangan gelar resminya pasca Megxit.

Duke of Sussex sudah tiba di Inggris sendirian untuk upacara peringatan Sang Kakek, setelah istrinya yang sedang hamil, Meghan Markle, disarankan untuk tidak bepergian.

Pemakaman kakeknya pada Sabtu (17/4/2021) mendatang akan menjadi acara seremonial pertamanya sejak dia dan Meghan pindah ke Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal, Suku di Vanuatu Bingung Pilih Dewa Pengganti

Istana Buckingham kemarin mengonfirmasi Pangeran Philip akan mengadakan upacara pemakaman, bukan upacara kenegaraan, pada Sabtu 17 April. Tidak ada akses atau prosesi untuk publik.

Namun, Pangeran Harry tidak mungkin mengenakan seragam militernya di acara resmi setelah gelar kehormatannya dicopot pasca Megxit.

Posisi Harry sebagai Kapten Jenderal Angkatan Laut Kerajaan, Komandan Udara Kehormatan RAF Honington dan Panglima Komodor, Kapal Kecil dan Penyelam dicabut ketika dia mundur dari perannya dalam Keluarga Kerajaan Inggris.

Ini berarti dia akan memakai jas, bukan pakaian militer sebelumnya.

Kondisinya berbeda dengan Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran Edward, yang diharapkan mengenakan pakaian seremonial mereka untuk pemakaman.

Sementara Pangeran Andrew, Duke of York, akan mengenakan setelan jas, setelah skandal kehidupan publiknya pada 2019. Putra ketiga Ratu Elizabeth II dan mendiang Pangeran Philip ini, diketahui memiliki persahabatan dengan mendiang pelaku pedofil Jeffrey Epstein.

Baca juga: Mendarat di Inggris, Pangeran Harry Langsung Dikarantina

Namun, pakar kerajaan Richard Fitzwilliams mengatakan meskipun peran Harry berubah, kecil kemungkinan dia akan berpakaian berbeda dari saudaranya.

Halaman:

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X