Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2021, 06:24 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com – Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, meninggal dunia pada Jumat (9/4/2021) dalam usia 99 tahun.

Banyak pihak yang berdukacita dan berterima kasih atas pengabdian yang telah dilakukan Duke of Edinburgh tersebut.

Anak-anak Pangeran Philip dan keluarga kerajaan berterima kasih atas dukungan dan penghormatan yang diberikan publik kepada Pangeran Philip.

Melansir Reuters, Minggu (11/4/2021), berikut tanggapan anak-anak Ratu Elizabeth II atas meninggalnya Duke of Edinburgh.

Baca juga: Dua Tahun Tak Bertemu, Pangeran William dan Harry Akan Ambil Bagian dalam Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Pangeran Charles

Pewaris takhta kerajaan Inggris sekaligus putra tertua, Pangeran Charles, mengatakan bahwa ayahnya telah memberikan pengabdian yang luar biasa selama 70 tahun terakhir.

Dia mengatakan, keluarga kerajaan sangat tersentuh dengan rentetan ucapan belasungkawa dan penghormatan yang diberikan berbagai pihak kepada Pangeran Philip.

“Itu akan menopang kita dalam kehilangan ini dan pada saat yang sangat menyedihkan ini,” kata Pangeran Charles.

“Seperti yang dapat Anda bayangkan, keluarga saya dan saya sangat merindukan ayah saya. Dia adalah sosok yang sangat dicintai dan dihargai dan terlepas dari apa pun,” sambung Prince of Wales.

Baca juga: Intip Kisah Cinta Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II yang Bersemi dari Remaja

Putri Anne

Anak kedua Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, Putri Anne, mengatakan bahwa keluarga kerajaan tidak benar-benar siap kehilangan Duke of Edinburgh.

“Ayah saya telah menjadi guru saya, pendukung saya, sekaligus pengkritik saya. Tetapi kebanyakan itu adalah teladannya tentang kehidupan yang dijalani dengan baik dan pelayanan secara bebas yang paling ingin saya tiru,” ujar Putri Anne.

Dia menambahkan, ayahnya selalu memperlakukan setiap orang sebagai individu dengan kemampuannya dan keterampilan mereka sendiri.

“Saya menganggapnya sebagai suatu kehormatan dan hak istimewa telah diminta untuk mengikuti jejaknya dan merupakan suatu kesenangan untuk membuatnya tetap berhubungan dengan aktivitas mereka,” imbuh Putri Anne.

Putri Anne bertutur, pesan-pesan yang diucapkan banyak orang kepada Pangeran Philip menandakan bahwa ayahnya tersebut sangat berarti bagi Inggris, Persemakmuran, dan bahkan di kancah internasional.

“Saya ingin menekankan betapa keluarga sangat menghargai pesan dan kenangan dari begitu banyak orang yang hidupnya. Kami akan merindukannya tapi dia meninggalkan warisan yang bisa menginspirasi kita semua,” tambah Putri Anne.

Baca juga: Jenazah Pangeran Philip Akan Dipindahkan Lagi, Ini Alasannya

Pangeran Andrew

Pangeran Andrew, anak ketiga Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, berujar bahwa keluarga kerajaan merasa sangat kehilangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com