IMF Optimistis Ekonomi Dunia Pulih Lebih Cepat Tahun Ini, tetapi...

Kompas.com - 07/04/2021, 09:36 WIB
Outlook Ekonomi Dunia Dana Moneter Internasional (IMF) sekarang melihat pertumbuhan global 6,0 persen tahun ini setelah kontraksi 3,3 persen pada tahun 2020 menyebabkan oleh pandemi Covid-19. AFP PHOTO/MANDEL NGANOutlook Ekonomi Dunia Dana Moneter Internasional (IMF) sekarang melihat pertumbuhan global 6,0 persen tahun ini setelah kontraksi 3,3 persen pada tahun 2020 menyebabkan oleh pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) sekarang memproyeksi pemulihan ekonomi global yang lebih kuat tahun ini dan tahun depan.

Vaksinasi yang dipercepat dan membanjirnya pengeluaran pemerintah, terutama di Amerika Serikat (AS), telah meningkatkan prospek ekonomi global.

“Namun, lebih banyak yang harus dilakukan untuk mencegah 'luka' permanen,” kata IMF pada Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Pandemi Virus Corona, IMF Perpanjang Keringanan Utang 28 Negara

Outlook Ekonomi Dunia IMF sekarang melihat ekonomi global tumbuh 6,0 persen tahun ini, setelah kontraksi 3,3 persen pada 2020 yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Kondisi itu merupakan penurunan terburuk sejak “Great Depression” seabad sebelumnya.

Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath mengatakan, respons cepat pemerintah, termasuk menggelontorkan 16 triliun dollar AS (Rp 232 kuadriliun) dana publik, mencegah kerusakan ekonomi yang jauh lebih buruk.

Tanpa itu, kata dia, keruntuhan ekonomi bisa mencapai "setidaknya tiga kali lebih besar.

Amerika Serikat (AS), yang mengerahkan 1,9 triliun dollar AS (Rp 27,5 kuadriliun) lagi bulan lalu, diharapkan tumbuh 6,4 persen. Angka itu 1,3 poin lebih tinggi dari perkiraan Januari dan merupakan ekspansi pertumbuhan tercepat di dunia.

Sementara itu, ekonomi China, salah satu dari sedikit yang tumbuh tahun lalu, diproyeksi akan tumbuh 8,4 persen pada 2021.

Kawasan euro juga akan melihat PDB meningkat 4,4 persen, sedikit lebih baik dari perkiraan sebelumnya.

Baca juga: Menkeu Lebanon Akui Negaranya Gagal, Berharap Bailout IMF

Gopinath mengatakan, bahkan dengan ketidakpastian yang tinggi tentang jalur pandemi, jalan keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi ini semakin terlihat.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X