Korea Utara Sebut AS Lakukan Trik Murahan, Ini Sebabnya

Kompas.com - 18/03/2021, 06:43 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara tentang kebijakan luar negeri di Kementerian Luar Negeri AS, Rabu (3/3/2021) di Washington. Andrew Caballero-Reynolds/Pool via APMenteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara tentang kebijakan luar negeri di Kementerian Luar Negeri AS, Rabu (3/3/2021) di Washington.

PYONGYANG, KOMPAS.com – Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui mengonfirmasi bahwa Amerika Serikat (AS) baru-baru ini berusaha memulai kontak dengan negaranya.

Namun, Choe menyebut upaya yang dilakukan AS tesebut hanyalah trik murahan sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (18/3/2021).

Choe mengatakan, negaranya tidak akan menjawab panggilan dari AS sampai Washington mencabut kebijakan yang bermusuhan.

Baca juga: Telepon Biden ke Korea Utara Tak Pernah Dijawab

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, seorang pejabat tinggi di AS mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden berulang kali mencoba menghubungi Korea Utara lewat berbagai saluran.

Namun, upaya tersebut tidak pernah dijawab oleh Pyongyang.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, menyiarkan pernyataan Choe bahwa upaya yang dilakukan AS untuk melakukan hubungan dengan AS ditempuh dengan berbagai cara.

Baca juga: Berulang Kali Dihubungi AS, Korea Utara Masih Cuek Saja

Cara-cara yang ditempuh AS tersebut seperti mengirim e-mail, pesan telepon dari berbagai rute, bahkan melalui negara perantara.

Choe mengatakan, Korea Utara tidak akan berbicara dengan AS jika “Negeri Paman Sam” masih mempertahankan kebijakan bermusuhan.

Kebijakan bermusuhan tersebut seperti latihan militer dan penerapan sanksi terhadap Pyongyang.

Baca juga: Terungkap, Pemerintahan Biden Coba Mendekati Korea Utara tapi Tak Digubris

Choe menyebut, upaya melakukan kontak tersebut adalah trik murahan guna mengulur waktu serta membangun opini publik.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X