Studi: Vaksin Sinovac Efektif Lawan Varian Baru Virus Corona Inggris dan Afrika Selatan

Kompas.com - 18/02/2021, 17:19 WIB
Petugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

SERRANA, KOMPAS.com - Hasil uji coba mitra Brasil untuk China pada Rabu (17/2/2021) menyatakan, vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech efektif melawan dua varian baru virus corona.

Saat ini ada tiga varian baru Covid-19 yang menyebar di dunia, yaitu dari Afrika Selatan, Inggris, dan Brasil.

"Kami telah menguji vaksin ini di China terhadap varian Inggris dan Afrika Selatan, dengan hasilnya baik," kata Dimas Covas dikutip dari Reuters.

Baca juga: Bio Farma: Sudah Agreement, 140 Juta Dosis Bahan Baku Akan Segera Dikirim Sinovac

Covas adalah kepala pusat biomedis Butantan di Sao Paulo, yang memimpin uji coba domestik dari vaksin China dan menyuplai dosisnya ke Kementerian Kesehatan Brasil.

Namun, Covas tidak membeberkan lebih lanjut seberapa efektif vaksin Sinovac melawan jenis baru virus corona.

Butantan juga sedang menguji vaksin yang dikenal sebagai CoronaVac ini, terhadap jenis baru Covid-19 dari Brasil yang muncul di kota Manaus.

"Segera kita dapat hasilnya dan kami sangat yakin itu berhasil," ujar Covas.

Baca juga: Vaksin Sinovac Resmi Dapat Persetujuan Darurat dari China

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X