PBB: 130 Negara Belum Terima Satu pun Dosis Vaksin Covid-19, Distribusi Sangat Tidak Adil

Kompas.com - 18/02/2021, 15:47 WIB
Ilustrasi vaksin Corona. AP/Peter HamlinIlustrasi vaksin Corona.

GENEWA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, dengan tajam mengkritik distribusi vaksin Covid-19 yang “sangat tidak merata dan tidak adil.”

Ada 10 negara telah memesan 75 persen dari semua dosis vaksin yang tersedia. Sementara 130 negara masih belum menerima satu dosis pun vaksin Covid-19.

Pimpinan PBB itu pun menuntut upaya global, untuk membuat semua orang di setiap negara divaksinasi sesegera mungkin .

"Pada saat kritis ini, ekuitas vaksin adalah ujian moral terbesar di hadapan komunitas global," kata Guterres dalam pertemuan tingkat tinggi dewan keamanan PBB pada Rabu (17/2/2021) melansir Guardian.

Guterres menyerukan sesegera dibuat rencana vaksinasi global, dengan menyatukan mereka yang memiliki kekuatan untuk memastikan distribusi vaksin yang adil. Semua mulai dari ilmuwan, produsen vaksin dan mereka yang dapat mendanai upaya tersebut.

Dia meminta kekuatan ekonomi utama dunia dalam G20 untuk membentuk gugus tugas darurat, untuk membuat rencana dan mengoordinasikan pelaksanaan dan pembiayaannya.

Menurutnya, satuan tugas itu harus memiliki kapasitas untuk memobilisasi perusahaan farmasi dan pelaku industri dan logistik utama.

Dia berharap pertemuan pada Jumat (19/2/2021) yang dilakukan G7 (negara industri besar - Amerika Serikat (AS), Jerman, Jepang, Inggris, Prancis, Kanada dan Italia), dapat menciptakan momentum untuk memobilisasi sumber daya keuangan yang diperlukan.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Pertama Gaza Akhirnya Sampai Setelah Sempat Diblokir Israel

Tiga belas menteri berpidato di pertemuan dewan virtual yang diselenggarakan oleh Inggris. Membahas tentang peningkatan akses ke vaksinasi Covid, termasuk di daerah konflik.

Virus corona telah menginfeksi lebih dari 109 juta orang dan menewaskan sedikitnya 2,4 juta orang, menurut pelacak Universitas Johns Hopkins.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X