Tim WHO Akan Paparkan Soal Temuan Mereka tentang Covid-19 di Wuhan

Kompas.com - 09/02/2021, 13:32 WIB
Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia bersiap berangkat untuk kunjungan lapangan hari keempat dari hotel mereka di Wuhan di provinsi Hubei China tengah pada hari Senin, 1 Februari 2021. AP/Ng Han GuanAnggota tim Organisasi Kesehatan Dunia bersiap berangkat untuk kunjungan lapangan hari keempat dari hotel mereka di Wuhan di provinsi Hubei China tengah pada hari Senin, 1 Februari 2021.

WUHAN, KOMPAS.com - Tim penyelidik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memberikan jumpa pers tentang temuan mereka soal Covid-19 di Wuhan pada Selasa (9/2/2021).

Melansir Reuters, temuan itu akan disampaikan setelah hampir satu bulan tim penyelidik mengunjungi beberapa tempat di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, tempat di mana virus pertama kali dideteksi.

Jumpa pers itu dijadwalkan pada pukul 15:30 waktu setempat, Selasa sore, menurut Kementerian Luar Negeri China. Sementara dari pihak WHO, pengarahan kepada media akan diselenggarakan pada pukul 16:00 sore.

Baca juga: Teliti Asal Usul Covid-19 di Wuhan, Tim WHO Temukan Data yang Belum Pernah Dilihat Sebelumnya

Pengarahan itu akan dihadiri juga pakar dari pihak China yang terlibat dalam penyelidikan.

Tim WHO telah tiba di Wuhan pada 14 Januari dan setelah dua minggu karantina, mereka mengunjungi tempat-tempat utama virus dideteksi seperti pasar makanan laut Huanan serta Institut Virologi Wuhan, yang telah terlibat dalam penelitian virus corona.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang anggota tim  WHO, pakar penyakit menular Dominic Dwyer, mengatakan mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk memahami sepenuhnya asal-usul Covid-19.

Baca juga: Tim WHO Kunjungi Pusat Pengendalian Penyakit di Provinsi Hubei, China

Amerika Serikat mengatakan China perlu lebih terbuka dalam hal berbagi data dan sampel serta memungkinkan akses ke pasien, staf medis, dan pekerja laboratorium. Beijing kemudian menuduh Washington mempolitisasi misi ilmiah itu.

Sebelumnya, Beijing berharap Washington akan mengikuti jejak China dengan mengundang tim penyelidik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ke Amerika Serikat (AS) untuk mencari petunjuk asal mula Covid-19.

Dikutip dari Russian Today, Selasa pekan lalu, Kementerian Luar Negeri China telah mendesak Washington untuk mengundang WHO agar melakukan pelacakan asal mula virus corona di AS.

Baca juga: Tim WHO Kunjungi Pasar Seafood Wuhan, Dijaga Ketat dan Tertutup

 

Pihak China mengacu pada fakta bahwa Otoritas AS menemukan antibodi Covid-19 dalam donor darah warga AS awal Desember 2019.

Juru bicara Kemenlu China Wang Wenbin mengatakan bahwa Beijing selalu menjaga komunikasi dan kerja sama yang erat dengan WHO soal pelacakan Covid-19.

Dia mengungkapkan bahwa kini sudah saatnya Amerika Serikat mengikuti langkah China.

“Saya berharap Amerika Serikat akan mengadopsi sikap positif, ilmiah, dan kooperatif dalam hal penelusuran, serta menjaga transparansi seperti China, dan mengundang pakar WHO ke AS untuk melakukan penelitian penelusuran serta memberikan kontribusi positif untuk kerja sama internasional anti-pandemi dan penelusuran ilmiah," ungkap Wenbin.

Baca juga: Tim WHO Kunjungi RS yang Terima Pasien Covid-19 Pertama di Wuhan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.