5 Perang Terlama dalam Sejarah Dunia, Ada yang Sampai 781 Tahun

Kompas.com - 17/01/2021, 19:43 WIB
Lukisan yang menggambarkan Kejatuhan Konstatinopel. Kekaisaran Turki Usmani merebut Konstatinopel, Ibu Kota Kekaisaran Byzantium pada 1576. Fausto ZonaroLukisan yang menggambarkan Kejatuhan Konstatinopel. Kekaisaran Turki Usmani merebut Konstatinopel, Ibu Kota Kekaisaran Byzantium pada 1576.

KOMPAS.com – Perang telah ada sejak masa lampau dan mewarnai perjalanan manusia dari abad ke abad. Jenderal terkenal asal Prusia, Carl von Clausewitz, bahkan menyebut perang adalah diplomasi dalam bentuk lain.

Faktanya, ada sejumlah perang yang telah terjadi selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad.

Dilansir dari World Atlas, berikut daftar perang terlama yang pernah tercatat dalam sejarah manusia.

Baca juga: 12 Negara Tanpa Kasus Covid-19, Ada Korea Utara

5. Romawi Kuno lawan Bangsa Jermanik (681 tahun)

Perang ini merupakan peperangan antara Romawi kuno melawan bangsa Jermanik awal yang masih bersuku-suku.

Kekerasan dimulai pada 113 sebelum Masehi (SM) ketika Suku Cimbri dan Teuton bermigrasi ke wilayah yang dikuasai oleh Republik Romawi.

Selama bertahun-tahun, Romawi menunjukkan kekuatan militer mereka. Namun pada abad ke-5 Masehi, keunggulan itu mulai goyah.

Ketika itu, Pemimpin Visigoth, Alaric I berhasil membuat Romawi kewalahan dan beberapa kali melakukan pengepungan di Roma.

Pada 410, budak, pemberontak, dan gladiator diam-diam membuka gerbang Roma untuk Visigoth. Setelah itu, Alaric I masuk dan menjarah kota selama tiga hari.

Kekerasan serupa berlanjut hingga abad ke-6 melalui berbagai penyerangan dan pertempuran. Setelah 681 tahun perang, konflik tersebut akhirnya berakhir pada 569.

Baca juga: 5 Racun Paling Mematikan di Dunia, Kena Sedikit Saja Langsung Tewas Seketika

4. Perang Romawi- Persia (681 tahun)

Selama 681 tahun, Perang Romawi-Persia adalah serangkaian pertempuran yang terjadi antara Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Persia sejak 54 SM.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X