3 Hakim yang Awasi Sidang 355 Anggota Mafia Italia Minta Mundur

Kompas.com - 14/01/2021, 14:22 WIB
Pemandangan yang tersaji dalam ruangan sidang khusus pada 13 Januari 2021 di Italia, terkait sidang Rinascita-Scott, di mana lebih dari 350 anggota mafia Ndrangheta disidang. AFP PHOTO/GIANLUCA CHININEAPemandangan yang tersaji dalam ruangan sidang khusus pada 13 Januari 2021 di Italia, terkait sidang Rinascita-Scott, di mana lebih dari 350 anggota mafia Ndrangheta disidang.

ROMA, KOMPAS.com - Tiga hakim yang diminta mengawasi kasus melibatkan 355 mafia Italia dilaporkan meminta untuk mundur.

Ini persidangan terbesar "Negeri Pizza" terkait mafia dalam 30 tahun terakhir, dan diperkirakan butuh setahun untuk menyelesaikannya.

Para hakim bakal menyidangkan 355 anggota klan 'Ndrangheta, 400 pengacara, dan 900 saksi mulai dari kasus pembunuhan, peredaran narkoba, hingga pencucian uang.

Baca juga: Sengketa Tanah, Seorang Istri Dibunuh Mafia dan Jadi Makanan Babi

Di antara terdakwa yang menjalani sidang adalah pemimpin klan, Luigi Mancuso yang dikenal dengan julukan The Uncle.

Selain Mancuso, sejumlah pembantunya yang disidang mempunyai beragam julukan, seperti Te Wolf, Fatty, Sweetie, Blondie, Little Goat, dan The Wringer.

Namun dalam sidang hari pertama Rabu (13/1/2021), hambatan terjadi setelah tiga hakim yang ditugaskan mengawasi meminta mundur.

Para hakim itu mengaku mereka terlibat dalam aspek awal penyelidikan. Permintaan mereka bakal ditinjau oleh sidang terpisah.

Jaksa penuntut menyatakan, anggota mafia 'Ndrangheta menginfiltrasi seluruh aspek kehidupan di Region Calabria.

Dilansir Daily Mail, mereka menyusup mulai dari rumah sakit, balai kota, pemakaman, bahkan ke level sistem hukum.

Baca juga: Kisah Mantan Mafia Maniak Pembunuh yang Hidupnya Berakhir karena Covid-19

Mereka juga menancapkan kuku di level dunia dengan menjalin kemitraan di AS, di mana mereka berhubungan dengan kartel Sinaloa.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X