Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Buka 2 Jalur Kedatangan Vaksin Covid-19 dari Luar Negeri, Ini Rinciannya...

Kompas.com - 14/01/2021, 13:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan, Indonesia telah membuka dua jalur untuk mendatangkan vaksin Covid-19 dari luar negeri.

Menlu Retno menerangkan, selain menjalin kesepakatan dengan para pengembang vaksin virus corona di jalur bilateral, Indonesia juga akan mendapat pasokan dari jalur multilateral.

Di jalur bilateral, Indonesia menyiapkan vaksin corona dari empat pengembang.

"Per titik ini yang dapat saya sampaikan adalah, selain Sinovac kita sudah dapat mengamankan komitmen dari AstraZeneca, kemudian kita juga dapat mengamankan komitmen dari Novavax, plus kita sedang menjalin komunikasi dengan Pfizer," urai Retno kepada Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Menlu RI Retno Marsudi Sebut Indonesia Siap Jalani Hubungan Diplomasi dengan Pemerintahan Biden

Kemudian untuk jalur multilateral, Indonesia bakal kebagian vaksin Covid-19 gratis dari aliansi Covax AMC 92. AMC adalah singkatan dari Advanced Market Commitment.

"Pada saat itu saya ke Jenewa. Saya ketemu dengan CEO GAVI, saya ketemu dengan Dirjen WHO, dan sebagainya, adalah untuk memastikan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara yang dapat memperoleh akses vaksin dari track multilateral," ujar Menlu Retno.

"Intinya ini 92 negara berpenghasilan menengah dan bawah - negara berkembang - yang secara khusus ingin dijamin kesetaraan aksesnya terhadap vaksin. Indonesia masuk ke situ," lanjutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com