Akibat Krisis Iklim, Amerika Dilanda 22 Bencana Besar dan Kerugian 95 Miliar Dollar AS Pada 2020

Kompas.com - 14/01/2021, 09:09 WIB
Kebakaran hutan yang melanda wilayah di utara California yang disebut Kebakaran Camp telah menewaskan lebih dari 40 orang dan disebut kebakaran paling mematikan dalam sejarah negara bagian tersebut. AFP / JOSH EDELSONKebakaran hutan yang melanda wilayah di utara California yang disebut Kebakaran Camp telah menewaskan lebih dari 40 orang dan disebut kebakaran paling mematikan dalam sejarah negara bagian tersebut.

KOMPAS.com – Laporan dari pemerintah federal Amerika Serikat ( AS) menyebutkan, negeri Paman Sam mencatatkan rekor tertinggi untuk bencana dan kerusakan yang diakibatkan krisis iklim pada 2020.

Bencana tersebut, seperti kebakaran hutan di AS bagian barat, angin topan AS bagian timur, dan gelombang panas di seluruh penjuru negeri.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) melaporkan, terjadi 22 bencana besar pada 2020 di AS. Jumlah ini lebih banyak enam bencana dari rekor bencana di AS sebelumnya.

Melansir The Guardian, Jumat (8/1/2021), Pemerintah AS melaporkan akibat bencara itu 262 orang meninggal dan menimbulkan kerugian sebesar 95 miliar dollar AS.

Krisis iklim itu terjadi, karena pada 2020 AS menghadapi cuaca ekstrem, baik di pantai barat dan timur. 

Baca juga: Kebakaran Hutan di California Catatkan Rekor, 4 Juta Hektar Lahan Hangus

Sebagai dampak dari krisis iklim itu adalah kebakaran lahan. Tercatat 10,3 hektar lahan di AS bagian barat terbakar pada 2020.

Di California, kebakaran hutan tercatat sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah, sehingga menghancurkan ribuan rumah dan menyebabkan langit berwarna oranye.

Sementara itu, di pesisir timur dan Teluk Meksiko, 12 badai tropis mengakibatkan tanah longsor selama setahun. Para ahli prakiraan cuaca pun menamai badai tropis ini dengan abjad Yunani.

Tujuh dari badai tersebut mengakibatkan kerugian lebih dari 1 miliar dollar AS, termasuk topan Laura dan Sally yang menghantam AS pada Agustus dan September 2020. Negara bagian Louisiana sendiri saja dilanda tiga topan dan dua badai tropis.

Selain itu, kekeringan dan gelombang panas besar melanda AS bagian barat tahun lalu. Keadaan ini menimbulkan tiga bencana besar yang disebabkan tornado dan derecho (badai angin).

Baca juga: Gelombang Panas Bisa Terjadi di Dalam Laut, Dampaknya Sangat Buruk

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X