Hutan Amazon Terancam Jadi Sabana Kering karena Krisis Iklim

Kompas.com - 06/10/2020, 18:05 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Peneliti menyebut jika hutan hujan sangat sensitif terhadap perubahan global dan dapat dengan cepat kehilangan kemampuannya untuk beradaptasi.

Dikutip dari Independent, Selasa (6/10/2020); peneliti dari Stockholm Resilience Center (SRC), lembaga penelitian independen yang fokus terhadap masalah lingkungan, melakukan serangkaian studi.

Studi dilakukan dengan menggunakan model matematika untuk menguji bagaimana kenaikan suhu yang disebabkan oleh perubahan iklim akan mempengaruhi hutan hujan tropis di seluruh dunia.

Menurut analisis, jika emisi karbon global tidak dikurangi, hampir setengah dari hutan hujan tropis di dunia akan berada pada titik kritis dan berisiko mengering secara permanen.

Baca juga: Hutan Hujan Amazon Kena Proyek Pengaspalan, Kerusakan Lingkungan di Depan Mata

Salah satunya adalah hutan hujan Amazon.

Peneliti mengungkap bahwa sebanyak sebanyak 40 persen dari hutan hujan Amazon dapat berubah menjadi lanskap seperti sabana yang lebih kering jika tingkat curah hujan terus menurun akibat dari perubahan iklim.

Sabana merupakan ekosistem yang memiliki ciri lebih sedikit tutupan pohon dan didominasi padang rumput. Sabana cenderung ada di daerah beriklim sedang dengan curah hujan yang lebih sedikit daripada yang diperlukan oleh hutan hujan.

Rupanya, peningkatan emisi gas rumah kaca telah menyebabkan penurunan jumlah hujan yang turun di Amazon serta beberapa wilayah. Tren ini diperkirakan akan memburuk saat Amerika Selatan memanas karena perubahan iklim.