Covid-19 Juga Sebabkan Sindrom Hiperinflamasi pada Orang Dewasa

Kompas.com - 06/10/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19. Hormon kortisol atau hormon stres yang dialami pasien Covid-19 dapat meningkatkan keparahan penyakit hingga risiko kematian. SHUTTERSTOCK/namtipStudioIlustrasi pasien Covid-19. Hormon kortisol atau hormon stres yang dialami pasien Covid-19 dapat meningkatkan keparahan penyakit hingga risiko kematian.

KOMPAS.com - Orang dewasa yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 juga dapat mengembangkan sindrom hiperinflamasi atau peradangan multisistem yang berpotensi fatal.

Kondisi misterius ini sebelumnya terlihat pada anak-anak yang terinfeksi Covid-19.

Dilaporkan sebelumnya, sindrom hiperinflamasi adalah penyakit parah yang menyerang banyak organ dan menyebabkan peningkatan peradangan pada tubuh.

Meski langka, riset kecil tersebut penting menjadi perhatian para dokter.

Baca juga: Usai Hapus Unggahan, CDC Akhirnya Akui Penyebaran Covid-19 di Udara

Laporan ini terbit di CDC Morbidity and Mortality Weekly Report, Jumat (2/10/2020).

Peneliti yang dipimpin Tim CDC Covid-19 Response merinci 27 pasien yang mengalami gejala parah berkaitan dengan jantung, sistem pencernaan, kulit, dan otak, tapi tidak ada tanda-tanda penyakit pernapasan parah.

Sebagai contoh, banyak pasien mengeluh mengalami demam, nyeri dada, jantung berdebar, atau keluhan di perut.

Meski banyak yang tidak mengalami batuk atau gejala pernapasan, mereka dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 atau pernah terinfeksi berdasar tes asam nukleat, antigen, atau antibodi.

Tiga dari 27 pasien ini meninggal akibat penyakit Covid-19.

"Meskipun peradangan dan disfungsi organ ekstrapulmoner telah dijelaskan pada orang dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 yang parah, kondisi ini umumnya disertai dengan kegagalan pernapasan," tulis laporan itu seperti dilansir IFL Science, Senin (5/10/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X