Planet Mars Terdekat dari Bumi Malam Ini, Catat Waktu Puncaknya

Kompas.com - 06/10/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi planet Mars dan Bumi. Minggu ini, kedua planet ini akan berada pada jarak yang sangat dekat. SHUTTERSTOCK/OrlaIlustrasi planet Mars dan Bumi. Minggu ini, kedua planet ini akan berada pada jarak yang sangat dekat.

KOMPAS.com - Malam ini, Senin (6/10/2020); Mars akan terlihat lebih besar dan lebih terang karena berada pada jarak terdekat dari Bumi.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (Lapan), Emanuel Sungging, menjelaskan bahwa jarak terdekat antara Mars dan Bumi ini disebut dengan perigee Mars.

Dalam waktu dekat, yakni pada pertengahan Oktober 2020, Mars juga akan berada dalam fase oposisi Mars.

Fase oposisi Mars adalah konfigurasi atau susunan ketika Matahari, Bumi dan Mars berada pada satu garis lurus dan Bumi terletak di antara Mars dan Matahari.

Baca juga: Mars dan Bumi Sangat Dekat Minggu Ini, Baru Terulang 15 Tahun Lagi

"Ini disebut sebagai oposisi Mars, proses yang senantiasa berulang," kata Emanuel kepada Kompas.com, Senin (5/10/2020).

Seperti halnya pada fenomena Bulan ketika Purnama, planet Mars akan tampak lebih terang pada fase oposisi Mars karena seluruh permukaannya yang menghadap Bumi terkena sinar Matahari.

Oposisi dan perigee tak selalu bertepatan

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang dalam laman edukasi sains Lapan menuliskan bahwa ketika oposisi Mars terjadi, jarak Bumi-Maras akan lebih dekat dibandingkan waktu-waktu lainnya.

Akan tetapi, dikarenakan kelonjongan orbit Mars 5,6 kali lebih besar dibandingkan bumi, maka oposisi Mars tidak selalu bertepatan dengan perigee Mars, sehingga selisih jarak diantara keduanya terjadi adalah sekitar 4 hingga 8 hari.

Pada tahun 2020 ini, puncak perige Mars akan terjadi malam nanti pada pukul 21.18 WIB, Selasa (6/10/2020).

Jarak Mars dari Bumi ketika puncak perigee Mars adalah 0,415 sa atau 62,1 juta kilometer dengan diameter sudut 22,6 detik busur dan skala kecerlangan -2,6.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X